4 Tipe Kebijakan Publik Beserta Contohnya

4 Tipe Kebijakan Publik Beserta Contohnya


Tipe Kebijakan Publik

Secara konkret, isi kebijak publik dapat dibedakan atas empat tipe kebijakan, yaitu kebijakan regulatif, kebijakan redistributif, kebijakan distributif, dan kebijakan konstituen

Kebijakan Regulatif

Kebijakan regulatif adalah kebijakan yang bersifat mengaru. karena bersifat mangatur, kebijakan ini mengandung paksaan dan harus diterapkan secara langsung pada warga masyarakat. adapun tujuan kebijakan ini agar seseorang tidak melakukan tindakan yang dilarang.
Contohnya :
* Larangan berdagang di sepanjang trotoar
* Larangan pengandara kenderaan umum untuk melewati jalur tertentu.

Kebijakan Redistributif

Kebijakan redistributif adalah kebijakan yang bersifat menarik sesuatu dari warga masyarakat untuk selanjutnya didistribusikan kembali.
Contohnya :
* Kebijakan pajak pendapatan dan pajak kekayaan. dari hasil pungut tersebut didistribusikan untuk pembangunan berbagai fasilitas umum seperti, jalan ataupun jembatan.

Kebijakan Distributif

Kebijakan distributif adalah kebijakan yang bersifat membagikan sesuatu kepada masyarakat. kebijakan ini pada umumnya berupa penggunaan anggaran belanja daerah yang dapat dimanfaatkan secara langsung pada individu.
Contohnya :
* Penggunaan anggaran belanja daerah untuk membiayai sekolah gratis dan subsidi bahan bakar minyak.
4 Tipe Kebijakan Publik Beserta Contohnya


Kebijakan Konstituen

Kebijakan konstituen mencakup berbagai kebijakan yang tidak dalam ketiga kebijakan diatas. kebijakan ini berhubungan dengan masalah keamanan, msalah luar negeri dan pelayanan administrasi.