Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Empat Hal




Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Empat Hal

Berikut Ini Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dengan empat hal, yaitu perhatian, relevan, percaya diri & kepuasan :


1. Perhatian

Perhatian seseorang muncul apabila didorong oleh ras ingin tahu. ras ingin tau yang sudah ada pada setiap orang perlu dipelihara. rasa ingin tahu ini bertujuan untuk mencapai tujuan posifif. rasa ingin tahu dapat mendorong perhatian seseorang terhadap sesuatu yang dipelajari. rasa ingin tahu dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya mengajukan pertanyaa: membaca materi yang diajarkan dalam buku, dan menghubungkan materi yang diajarkan dengan pengatahuan yang dimiliki sebelumnya.

2. Relavasi

Relavasi dapat ditimubulkan dengan menyakinkan diri kita bahwa materi yang sedang dikaji bermanfaat bagi kehidupan kita pada masa yang akan datang.
Caranya : dengan menanyakan tentang manfaat mempelajari materi itu, bagaimana hal itu dapat diterapkan dalam menjalankan tugas di kemudian hari, dan bagaimana contoh yang dapat diberikan agar diperoleh pemahaman yang bermakna.

3. Percaya Diri

Percaya diri adalah perasaan yakin akan potensi yang dimiliki untuk dapat berinteraksi dengan lingkungan secara positif, percaya bahwa dirinya memiliki kemampuan sebagai syarat untuk mencapai keberhasilan.

Percaya diri dapat diupayakan dengan jalan sebagai berikut :

A.  Meningkatkan pengalaman dengan jalan selalu mengarjakan tugas yang diberikan kepadanya sebagai latihan untuk menambahkan pemahaman dan ketrampilan.

B.  Belajar materi secara bertahap, bagian demi dengan tujuan yang akan dicapai.

D.  Krataria keberhasilan ditentukan atau ditargetkan dalam bentuk besarnya prestasi yang diperoleh.

E.  Pengembangan rasa percaya diri dengan meyakinkan bahwa apa yang sudah dilakukan itu merupakan aktifitas yang mendukung keberhasilan. 
Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Empat Hal