11 Nama Wilayah Yang tidak Termasuk Daerah Kekuasaan Kerajaan Majapahit

11 Nama Wilayah Yang tidak Termasuk Daerah Kekuasaan Kerajaan Majapahit 


Dari naskah ini dapat diketahui bahwa ketika Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Majapahit, sebagian wilayah Nusantara yang disebutkan di dalam sumpahnya belum dikuasai Majapahit. Nama Wilayah tersebut yaitu: 
  1. Gurun (Nusa Penida), 
  2. Seran (Seram), 
  3. Tailjung Pura (Kerajaan Tanjungpura, 
  4. Ketapang, Kalimantan Barat), 
  5. Haru (Sumatera Utara, kemungkinan merujuk kepada Kerajaan Karo), 
  6. Pahang (Pahang di Semenanjung Melayu), 
  7. Dompo (sebuah daerah di pulau Sumbawa), 
  8. Bali (Kerajaan Bali), 
  9. Sunda (Kerajaan Sunda), 
  10. Palembang (Kerajaan Sriwijaya), dan 
  11. Tumasik (Singapura).
Sumpah Palapa adalah pernyataan sumpah yang diucapkan Gajah Mada pada upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Majapahit, tahun 1258 Saka (1336 M).Sumpah Palapa ini ditemukan pada teks Jawa Pertengahan Pararaton yang berbunyi: Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada: "Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Ta'rijung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa". ([Dia] Gajah Mada Patih Amangkubumi Kerajaan Majapahit tidak akan melepaskan puasa. Gajah Mada berucap:
"Jika telah mengalahkan Nusantara, [baru] saya akan melepaskan puasa (tidak lagi berpuasa). Jika telah mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, [baru] saya akan melepaskan puasa).