4 Nilai Yang Terkandung dalam Sila Kedua dan Ketiga

4 Nilai Yang Terkandung dalam Sila Kedua dan Ketiga


Sila Ke-2

Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Sila ini mengamanatkan adanya persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia sebagaimana tercantum dalam Deklarasi HAM PBB yang melarang adanya diskriminasi. Setiap warga negara berhak untuk mendapat jaminan dan perlindungan hukum. Pada sila "Kemanusiaan yang adil dan beradab" terkandung 4 Nilai sebagai berikut.
  1. Pengakuan terhadap adanya harkat dan martabat manusia. 
  2. Pengakuan terhadap keberadaan manusia sebagai makhluk yang paling mulia diciptakan Tuhan. 
  3. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan harus mendapat perlakuan yang adil terhadap sesama manusia. 
  4. Mengembangkan sikap tenggang rasa agar tidak berbuat semena-mena terhadap orang lain.

Sila Ke-3

Sila ketiga, Persatuan Indonesia Dalam sila ketiga mengandung unsur pemersatu di antara warga negara dengan semangat rela berkorban dan menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan. Hal ini sesuai dengan prinsip HAM, di mana hendaknya sesama manusia bergaul satu sama lainnya dalam semangat persaudaraan. Semua warga negara harus saling menghormati dan menghargai hak asasi setiap orang agar tercipta persatuan dan kesatuan bangsa. 3 Nilai yang terkandung dalam sila ketiga, antara lain sebagai berikut. 
  1. Menempatkan persatuan, kesatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan. 
  2. Memiliki rasa cinta tanah air dan bangsa serta rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara. 
  3. Pengakuan terhadap keragaman suku bangsa dan budaya bangsa dan sekaligus mendorong ke arah pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa. 
    4 Nilai Yang Terkandung dalam Sila Kedua dan Ketiga
Pasal 1 menyatakan semua orang dilahirkan merdeka dan mempunyai martabat dan hak-hak yang sama. Mereka dikaruniai akal dan hati nurani dan hendaknya bergaul satu sama lain dalam persaudaraan.