5 Fungsi Musik Bagi Masyarakat dan Jelaskan

5 Fungsi Musik Bagi Masyarakat dan Jelaskan


Musik secara umum sangat penting bagi kehidupan masyarakat pendukungnya, baik musik barat maupun musik timur. Fungsi musik bagi masyarakat pendukungnya di antaranya sebagai berikut.

1. Media Hiburan (Entertainment) 

Masyarakat secara umum memahami musik sebagai kebutuhan hiburan. Dari belahan bumi mana pun, sebagian besar orang memanfaatkannya hanya sekedar pelepas lelah dalam rutinitas kehidupan sehari-hari. Jenis musik sebagai media hiburan dalam perkembangannya sangat ditentukan oleh budaya populer yang terjadi. Misalnya musik dansa pada tahun 1930-an sampai tahun 1940-an dan musik rock pada tahun 1950-an. Di negara kita sendiri, musik dangdut yang muncul di era tahun 1970-an telah menjadi populer sampai sekarang. Radio, musik rekaman, film bioskop, televisi, dan internet memberikan arah yang mantap terhadap citra musik sebagai media hiburan. Dalam satu jentikan jari, musik populer mampu merambah dunia internasional dan selalu menjadi pengeruk laba.

2. Media Pengobatan (Therapy) 

Kebangkitan musik untuk pengobatan (music therapy), terutama di Barat, terjadi pada kurun waktu setelah Perang Dunia II. Mula-mula musik digunakan untuk penyembuhan penyakit para pasien korban perang maupun untuk para veteran perang. Saat ini, pemakaian musik terapi telah dilakukan di beberapa rumah sakit di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada, khususnya untuk penyakit mental atau kelumpuhan organ tubuh.

3. Media Peningkatkan Kecerdasan (Intelegensi) 

Otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu right hemisphere (otak kanan) dan left hemisphere (otak kiri). Demikianlah hasil penemuan Dr. Roger W. Sperry yang atas jasanya memenangkan hadiah Nobel 1981. Keseimbangan dua bagian otak tersebut dapat mempengaruhi kecerdasan manusia. Otak kiri merupakan pusat pengendali fungsi intelektual seperti daya ingat, bahasa, logika, perhitungan, daya analisis, dan pemikiran konvergen. Otak kanan berdasarkan kepada spontanitas dan pengendalian fungsi mental yang melibatkan intuisi, sikap, emosi, hubungan ruang dan dimensi, gambar, musik dan irama, gerak dan tari, serta pikiran divergen. Musik dapat dijadikan sebagai alat penyeimbangan otak kiri dan kanan. Daya estetis musik dapat dimanfaatkan sebagai penambah intelegensi (IQ).


4. Suasana Upacara Keagamaan 

Musik keagaman bertujuan untuk mening-katkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Musik keagamaan (sakral) dapat mengilhami penganut suatu agama untuk selalu mengingat-Nya, baik dalam upacara adat, upacara pernikahan, maupun upacara kematian. Biasanya permainan musik religius ini ditampilkan di tempat-tempat ibadah. 
5 Fungsi Musik Bagi Masyarakat dan Jelaskan

5. Pengiring Tari/Dansa 

Unsur irama/ritme dalam musik dapat ber-pengaruh pada perasaan seseorang untuk melakukan gerakan-gerakan indah dalam tari/ dansa. Masihkah kalian ingat pada pelajaran kelas 7? Beragam musik tradisi nusantara memang digunakan untuk mengiringi tarian tradisional. Dalam dunia barat, musik juga berfungsi sebagai pengiring tari/dansa. Tidak jarang dari salah satu jenis musiknya hanya ditujukan untuk mengiringi jenis tarian tertentu. Misalnya musik waltz digunakan untuk mengiringi tarian waltz, musik disco untu tarian disco, begitu juga jenis musik yang lainnya seperti tango, rumba, beguin, ch cha, R Fs B, dan sebagainya.