3 Ciri-Ciri Karya Seni Yang Berkualitas, Indah Atau Menarik Menurut Bearsdley dalam The Liang Gie

3 Ciri-Ciri Karya Seni Yang Berkualitas, Indah Atau Menarik Menurut Bearsdley dalam The Liang Gie


Adapun ukuran nilai karya seni bisa dikatakan indah atau menarik, yaitu ditentukan oleh sikap seniman dalam berkarya seni.
Bearsdley (dalam The Liang Gie, 1976:48), mengemukakan teori tentang bentuk estetis, yaitu:
  1. kesatuan, yaitu benda estetis itu tersusun secara baik dan bentuknya yang sempurna. 
  2. kerumitan, yaitu benda estetis itu tidak sederhana, tetapi kaya akan unsur-unsur ataupun isi yang ada dan sering bertentangan, atau mengandung perbedaan-perbedaan yang halus. 
  3. kesungguhan, yaitu benda estetis harus mempunyai kualitas tertentu yang menonjol. Kualitas yang dikandungnya tidak menjadi soal, asalkan ia merupakan sesuatu yang intensif atau sungguh-sungguh, misalnya suasana suram atau gembira, sifat lembut atau kasar (The Liang Gie, 1976:48).

Estetika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai hal-hal yang bisa ditangkap dengan panca indera serta ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan nilai keindahan suatu benda dengan menempatkan keindahan sebagai sasaran utamanya. Selain itu estetika juga bersifat subyektif dan objektif serta deskriptif dan normatif.
Pada umumnya estetika diterima sebagai cabang filsafat, yang cenderung berbicara tentang filsafat keindahan, oleh karena itu estetika mempelajari tentang garis besar karya seni. Bentuk estetis karya seni dapat dicapai melalui proses penciptaan karya seni yang harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh sehingga tercipta bentuk yang sempurna dan memilki makna yang terkandung di dalamnya.