3 Karakteristik Bahan dalam Seni Patung Agar Menghasilkan Karya Seni Berkualitas Tinggi

3 Karakteristik Bahan dalam Seni Patung Agar Menghasilkan Karya Seni Berkualitas Tinggi


Setiap bahan memiliki berbagai karakteristik yang berbeda dalam penggunaannya yang berperan dalam menghasilkan karya seni berkualitas tinggi. Seperti pendapat Bastomi (2003:92) bahwa setiap bahan memiliki sifat khusus yang menjadi karakteristiknya.

3 Karakteristik bahan ditentukan oleh beberapa aspek di antaranya:

  1. Keindahan yang terkandung di dalam bahan. Setiap bahan memiliki keindahan tersendiri terutama pada warna. Warna asli yang ada dalam bahan banyak mempengaruhi keindahan hasil karya seni. 
  2. Tekstur atau kesan permukaan bahan. Tekstur itu sendiri dapat ditentukan oleh warna. Deretan warna bergelombang dapat memberi kesan permukaan yang tidak rata, sedangkan warna polos cenderung memberi kesan permukaan rata. 
  3. Keras dan lunaknya bahan. Bahan yang keras memberi kesan berat, sedangkan bahan yang lunak memberi kesan ringan. Misalnya sebuah barang yang dibuat dari besi akan berbeda dengan topeng yang terbuat dari bahan kayu.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa karakteristik bahan sangat berperan sekali untuk menghasilkan karya seni yang berkualitas tinggi. Oleh karena itu dalam pemilihan bahan merupakan hal yang harus dilakukan pengrajin atau seniman sebelum membuat karya seni.

Bahan dalam Seni Patung

Dalam seni patung bahan merupakan media ekspresi dalam penciptaan seni patung. Bahan merupakan dasar dari sebuah karya yang belum terproses atau terolah untuk menjadi sebuah barang jadi. Bahan adalah material yang diolah atau diubah sehingga menjadi barang yang kemudian disebut karya seni  (Rondhi, 2003: 25). Bahan dalam pembuatan patung meliputi banyak hal mulai dari kayu, logam, batu, tanah, karet, plastik, fiber, gypsum, dan lain sebagainya.
3 Karakteristik Bahan dalam Seni Patung Agar Menghasilkan Karya Seni Berkualitas Tinggi