Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya dan Berdasarkan Penggunaannya

Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya dan Berdasarkan Penggunaannya


Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya

Seni rupa berdasar bentuknya, dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa dwimatra dan trimatra. Seni rupa dwimatra adalah seni rupa yang memiliki dua   ukuran yaitu panjang dan lebar atau disebut seni rupa dua dimensi. Dengan kata   lain seni rupa dwimatra bersifat datar, tidak mempunyai ketebalan dan hanya bisa diamati dari satu arah. Sedangkan seni rupa trimatra adalah seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi (ketebalan) yang biasa disebut seni rupa  tiga  dimensi. Seni rupa trimatra dapat diamati dari berbagai arah karena memiliki panjang,lebar dan tinggi (ketebalan).

Seni Rupa Berdasarkan Penggunaannya

Seni rupa berdasarkan penggunaannya, dibagi menjadi dua jenis yaitu seni rupa murni (fine art) dan seni rupa terapan (applied art). Seni rupa murni adalah karya seni rupa yang dibuat semata-mata untuk memenuhi kebutuhan estetis. Orang menciptakan karya seni murni, umumnya berfungsi sebagai sarana untuk mengekspresikan cita rasa estetis.

Seni Rupa Tarapan atau Seni Pakai

Sedangkan seni rupa terapan atau seni pakai adalah karya seni rupa yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan fisik (Rondhi, 1989:14). Dari pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa seni rupa murni lebih mengutamakan daya ekspresi jiwa yang dituangkan pada sebuah karya seni tanpa membutuhkan fungsi  praktisnya.
Seni Rupa Berdasarkan Bentuknya dan Berdasarkan Penggunaannya
Seni  rupa  murni  merupakan  cabang  seni  yang lebih  mengutamakan  nilai estetisnya, beberapa contoh  jenis  seni  rupa  murni  adalah seni lukis, seni grafis, seni patung.