3 Hal-Hal Yang harus dilakukan Sebelum Menggunakan Pot Gerabah Sebagai Wadah

3 Hal-hal yang harus dilakukan sebelum menggunakan pot gerabah sebagai wadah adalah sebagai berikut. 
  1. Pot harus dicuci sampai bersih terlebih dahulu, kemudian dikeringkan, kalau perlu direndam dalam fungisida Benlate selama 5 menit. 
  2. Bagian bawah (alas) pot diberi tambahan lubang, sehingga air siraman tidak menggenang dan sirkulasi udara dapat berlangsung lancar. Pelubangan alas pot dapat dilakukan dengan menggunakan pukul besi secara perlahan-lahan sehingga tidak pecah semuanya. Jumlah lubang berkisar antara 3 atau 4 lubang, tergantung diameter alas pot tersebut. 
  3. Pot diisi dengan potongan batu bata atau genting press yang telah di-siapkan sebelumnya. Tinggi pecahan genting kurang lebih 1/3 bagian pot. Di atasnya diberi media sabut kelapa atau moss sphagnum yang steril dan siap digunakan. Pemberian media sabut kelapa kurang lebih sampai 1 cm di bawah permukaan bibir pot. Dalam menata media alas makanan tersebut hendaknya diusahakan rapi dan permukaannya benar-benar rata sehingga memudahkan penanamannya. 

Pot berukuran 10 cm - 15 cm berbentuk bulat pendek banyak diguna-kan untuk komuniti pot. Sedangkan pot biasa jarang digunakan karena tidak bisa memuat bibit dalam jumlah yang banyak. Pada umumnya orang lebih menyukai bentuk pot yang pendek mendatar, misalnya pot untuk budi daya bonsai atau wadah gerabah yang bentuknya seperti mangkok berdiameter sekitar 30 cm. 

Bentuk wadah demikian memungkinkan permukaan media menjadi lebih luas, sehingga selain dapat ditanami dalam jumlah yang banyak juga menyebabkan aerasi dan drainase berlangsung dengan baik. Di laborato-rium-laboratorium pertanian, anggrek dibudidakan dalam wadah plastik se-bagai komuniti pot. Wadah plastik ini menyerupai panapis, dengan lubang-lubang kecil di seluruh bagian wadah, menyerupai keranjang.
3 Hal-Hal Yang harus dilakukan Sebelum Menggunakan Pot Gerabah Sebagai Wadah
Wadah plastik ini sangat menyehatkan karena dapat melancarkan aerasi dan drainase, sehingga media tidak mengalami kelembaban tinggi. Selain itu, keadaannya dijamin selalu bersih sehingga tidak mudah mengundang kontaminasi.