6 Jasa Rakyat Aceh dimasa Lalu Untuk Negara Indonesia

6 Jasa Besar Rakyat Aceh dimasa lalu untuk Indonesia dimana;

  1. Aceh Jadi Donatur Indonesia di Masa Perjuangan 
  2. Aceh belikan pesawat pertama RI 01 untuk Indonesia 
  3. Aceh mendirikan radio rimba raya untuk perjuangan bangsa Indonesia 
  4. Aceh Menyumbang Emas Monas Sebagai Lambang Kedigjayaan Bangsa 
  5. Aceh pernah menjadi Ibukota sementara Republik Indonesia
  6. Aceh penyumbang sekitar 30% ekspor migas Indonesia.

Ini beberapa terobosan yang telah dicontoh:


1. Aceh pernah menciptakan terobosan fenomenal di Indonesia melalui Program JKA (Jaminan Kesehatan Aceh) untuk Rakyat Aceh. Tidak ada provinsi lain di Indonesia yang berani menerapkannya pada saat itu dengan menggunakan sistem Universal Health Coverage. Sistem ini dicontoh oleh Nasional untuk program kesehatan nasional dan juga DKI Jakarta melalui Kartu Jakarta Sehat.

2. Aceh telah berhasil membuat sebuah terobosan baru yang telah dicontoh oleh nasional terkait proses seleksi kepala SKPD Aceh melalui pengumuman pendaftaran secara terbuka sampai melaksanakan "Fit and Proper Test" untuk memilih kepala dinas yang benar-benar mampu dan memiliki kompetensi dibidangnya, bukan menunjuk berdasarkan selera maupun KKN.

3. Aceh berhasil memberikan beasiswa bagi 130.000 lebih orang anak yatim piatu Aceh. Belum ada provinsi lain dinusantara yang mampu melakukan terobosan seperti itu.

4. Aceh berhasil mengirimkan putra-putri terbaiknya untuk menempuh pendidikan didalam dan luar negeri melalui program S2 dan S3 melalui Komisi Beasiswa Aceh yang sekarang pola tersebut diadopsi oleh LPDP ditingkat Nasional.

5. Aceh berhasil mendirikan Badan Dayah yang sebelumnya tidak ada, ini dilakukan dalam rangka penegakan syariat Islam untuk mencetak santri-santri dayah yang unggul ke depan dan untuk memuliakan para ulama-ulama dayah.

6. Aceh telah memperlihatkan komitmennya menjaga lingkungan dan alam Aceh telah berhasil membuat kebijakan "Aceh Green" yang salah satunya adalah moratorium logging serta reformasi tata kelola pemanfaatan sumber daya alam Aceh secara menyeluruh. Kebijakan ini demi menjaga alam Aceh sebagai aset bagi anak-cucu kedepan serta mendukung program internasional untuk perubahan iklim dan pengurangan resiko bencana.
6 Jasa Aceh dimasa Lalu Untuk Negara Indonesia

7. Aceh berhasil mempelopori lahirnya program nasional Dana Desa, yang jauh sebelumnya telah menerapkan terlebih dahulu di Aceh melalui program Bantuan Keuangan Peumakmue Gampong (BKPG) atau dikenal dengan pembangunan gampong (desa) yang dilaksanakan oleh Keuchik (Kepala Desa).