Kunci Untuk Menjadi Yang Terbaik dalam Kehidupan Kreatif Kita

Bagaimana jika saya mengatakan bahwa Anda bisa menjadi lebih produktif jika Anda belajar berhenti dan beristirahat pada waktu yang tepat? Kedengarannya berlawanan dengan intuisi tapi ada banyak kebenaran untuk itu. Sebenarnya, ada banyak psikolog dan filsuf yang sekarang menjajaki tema ini dalam kehidupan kerja mereka dan temuan mereka sangat menakjubkan.

Kita semua tinggal di dunia 24/7 yang tidak pernah berhenti. Banyak majikan menginginkan agar kita terus bekerja berjam-jam seperti itu sehingga kita bahkan tidak ingat kapan terakhir kali kita berlibur atau berlibur. Bagaimanapun, bekerja berlebihan adalah resep untuk produktivitas yang lebih rendah dan mengetahui kapan harus berhenti adalah kunci untuk menjadi yang terbaik dalam kehidupan kreatif kita.

Meskipun artikel ini ditujukan untuk penulis dan individu kreatif, namun artikel ini juga relevan bagi setiap orang yang melakukan pekerjaan apa pun. Kita semua perlu meluangkan waktu untuk beristirahat dan mengetahui kapan harus berhenti agar bisa sukses di hari berikutnya.

Orang kreatif mendapat dorongan lebih besar untuk beristirahat dari orang lain. Ini karena pikiran bawah sadar orang kreatif bekerja keras, bahkan saat mereka sedang istirahat. Bahkan, berkali-kali orang kreatif mendapat terobosan saat mereka beristirahat setelah bekerja di meja kerja mereka selama beberapa jam.

Namun, kita harus cukup sadar untuk mengetahui kapan harus berhenti. Dengan kata lain, kita harus berhenti pada titik strategis dan memulai lagi besok untuk hasil terbaik.

Berikut adalah beberapa kunci bagi orang kreatif untuk menjadi yang terbaik:

• Belajar berhenti bekerja pada saat yang tepat dalam pekerjaan Anda mendorong pendekatan yang lebih mantap dan lebih berkelanjutan terhadap pekerjaan Anda. Anda juga akan tahu di mana harus memulai besok, dan Anda tidak perlu meraba-raba, membuang-buang waktu dan tenaga.

• Menumbuhkan rutinitas pagi atau sore yang menciptakan ruang untuk pekerjaan yang lebih terfokus dan istirahat yang fiktif. Bila Anda menciptakan saat Anda terfokus pada pekerjaan maka Anda memiliki ruang untuk melangkah menjauh dari meja Anda dan beristirahat.

• Gunakan jalan untuk memulihkan energi kreatif dan promosikan menciptakan wawasan. Banyak kali berjalan dapat membantu menghasilkan ide baru. Anda tidak hanya berolahraga, tapi juga mencari waktu untuk berada di alam dan bernapas dalam-dalam. Sering kali Anda kembali dari perjalanan Anda segar.

• Berhenti pada saat yang tepat membutuhkan pemahaman akan tuntutan pekerjaan Anda. Kita semua harus bermain-main dengan apa yang harus kita lakukan dan bekerja seefisien mungkin. Hanya dengan begitu akan memungkinkan bagi Anda untuk mengambil beberapa istirahat yang sangat dibutuhkan untuk memulihkan energi Anda.

• Pantau energi dan perhatian Anda dan hargai bagaimana perhatian terfokus bisa menjadi pola dalam kehidupan kreatif. Mengingat fakta bahwa perhatian kita tersebar banyak waktu karena teknologi dan dunia modern kita, sulit untuk diperhatikan dan belajar bagaimana bekerja secara terfokus. Namun, dengan sedikit latihan, ini mungkin untuk dicapai.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda akan beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda dan beristirahat. Dengan mengetahui apa waktu yang tepat untuk berhenti adalah, Anda bisa menjadi lebih produktif dan sebaik mungkin.