Etika Deskriptif dan Etika Normatif

Dalam kaitan dengan nilai dan norma yang digumuli dalam etika,kita menemukan dua macam etika :
  • Etika Deskriptif
Etika Deskriptif : yang berusaha meneropong secara kritis dan rasional sikap dan pola prilaku manusia dan apa yang dikejar oleh manusia dalam hidup ini sebagai sesuatu yang bernilai.
Mengenai nilai dan pola perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas konkret yang membudaya. ia berbicara mengenai kenyataan penghayatan nilai,tanpa menilai,dalam suatu masyarakat,tentang sikap orang lain dalam menghadapi hidup ini dan tentang sikap kondisi yang memungkinkan manusia bertindak secara etis.
  • Etika Normatif
Etika Normatif : yang juga berusaha menetapkan berbagai sikap juga pola perilaku yang ideal yang seharusnya dimiliki oleh  kita sebagai manusia atau apa yang seharusnya dijalankan  manusia juga apa tindakan yang seharusnya diambil untuk mencapai  yang bernilai dalam hidup ini.
Etiaka Normatif :berbicara mengenai norma norma yang menuntut tingkah laku manusia untuk bertindak sebagaimana seharusnya berdasarkan norma norma ia menghimbau manusia untuk bertindak yang baik dan menhindari yang jelek.