9 Metode Memasak Yang Perlu Kita Ketahui

1. Metode Memasak Dengan Cara Direbus

Direbus. Memasak dengan cara merebus berarti memasak dengan menggunakan panas basah. Artinya makanan yang kita masak mengalami kontak langsung dengan air panas yang mudah mendidih. Waktu yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing makanan.
Sebagai contoh bila  kita merebus daging dan ikan,maka temperaturnya harus dinaikkan ke batas titik didih secara perlahan-lahan (simmering). Metode ini dipakai untuk merebus jenis daging yang agak liat,sayuran dan puding. Bila kita didihkan cairan ini dengan cepat dan panas sekali maka akan berakibat :
  1. Nutrisinya hilang.
  2. Sari rasanya juga hilang.
  3. Ikan atau makanan lain yang halus akan rusak teksturnya.
  4. Daging sulit dicernakan.

2.  Metode Memasak Dengan Cara Dikukus

Dikukus.masih termasuk memasak dengan menggunakan panas basah,hanya saja makanan yang dimasak tidak mengalami kontak langsung dengan air yang mendidih, melaikan menggunakan panas yang keluar dari uap air yang mendidih. Kebanayakan metode ini dipakai untuk memasak daging,ikan ,puding dan sayuran. 

Diantara metode memasak,metode dikukus adalah metode yang paling baik,karena makanan yang dihasilkan mudah dicerna, dan tidak mengandung resiko terlalu matang atau terlalu lama memasaknya. itulah sebabnya banyak orang yang sudah lanjut usia selalu mengukus makanannya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan pada waktu mengkukus :
  • Alat pengkukus harus memiliki tutup yang rapat supaya uap tidak keluar.
  • Air senantiasa harus dalam keadaan mendidih ( bila airnya hampir habis bisa ditambah )
  • Sebaiknya waktu mengkukus , makanan ditutup dengan kertas tahan panas,agar uap yang mengembun tidak jatuh lagi di atas makanan.
  • Besarnya panas dan waktu yang diperlukan tergantung pada jenis tekstur dan kuantitas (jumlah) makanan yang dikukus.
Tim. Memasak makanan dengan cara tim,artinya memasak dengan menempatkan makanan tersebut dalam sebuah panci kecil. Panci itu dimasukkan lagi dalam panci yang lebih besar yang mempunyai tutup yang sangat rapat.

Panci yang lebih besar tersebut kemudian diisi dengan air yang banyaknya kurang lebih separuh dari tinggi panci yang berisi makanan atau kita bisa memakai sebuah wajan dan tutup dandang. Caranya,panci kecil yang berisi makanan itu kita masukkan ke dalam wajan yang berisi air kira-kira separuh tinggi panci kecil tersebut.
Kemudian wajan kita tutup dengan tutup dandang yang sekaligus juga menutup rapat panci kecil dan air dalam wajan itu sendiri.

Metode Ini Sangat Ekonomis,Karena :
  • Tak ada bagian yang hilang karena seluruhnya makanan dihidangkan dalam keadaan yang utuh.
  • Tidak boros bahan bakar.
  • Walaupun metode ini sangat lamban,namun mampu melunakkan daging yang kita liat.

3. Metode Memasak Dengan Cara Dipanasi

Dipanasi.Memasak dengan pemanas berarti menggunakan kembali bagian-bagian kecil makanan yang tersisa dari makanan yang telah dihidangkan sebelumnya. makanan yang dipanaskan lagi,biasanya lebih lezat dan bisa menghasilkan berbagai variasai yang menarik. Diantaranya :
  • Memanaskan kembali dengan menambahkan saus.
  • Menyatukan sisa makanan tersebut sebagai pengisi jenis kue kering seperti pastel dan lain sebagainya.
  • Menggoreng sisa makanan tersebut dengan mentega atau sejenisnya.

4. Metode Memasak Dengan Cara Poaching

Poaching. Poaching artinya merebus denga air sedikit dalam panci terbuka. jelas disini bahwa makanan yang direbus hanya bisa dlam jumlah yang kecil. caranya, setelah ditambah dengan air sedikit, didihkanlah dalam panci wajan yang tertutup rapat ( keucali bila makanan itu perlu diperciki dengan air atau bumbu penyedap.

5. Metode Memasak Dengan Cara Brasing

Brasing (kombinasikan mengentim dan membakar) Masukkanlah makanan dalam tempat yang terbuat dari tanah atau gelas yang tahan apai. Sayur-sayuran tanah atau gelas yang tahan apai dagingnya ditumpukkan di atas sayuran. kuah/bumbu dituangkan hingga menutupi daging dan sayuran tersebut.

Selanjutnya makan bersama tempatnya dimasukkan ke dalam oven dan dibiarkan sampai matang. Kemudian bukalah tutup caserole tersebut,dan bakar terus makanan tersebut sampai matang betul.

Cara ini merupakan cara terbaik untuk mengolah daging yang liat,baik daging sapi ataupun daging ayam.

6. Metode Memasak Dengan Cara Digoreng

Menggoreng berarti memasak makanan dalam lemak yang panas baik itu minyak goreng ataupun mentega.biasanya sebelum digoreng makan tersebut dilapisi dengan tepung. agar tidak banyak menyerap minyak/mentega(moss)

Ada dua jenis cara menggoreng : 
  • Metode kering atau menggoreng dangkal
Makanan dimasak dalam minyak atau lemak secukupnya (asal menutup dasar penggoreng). biasanya ini menggunkan wajan yang beralas datar, dengan menggoreng kedua sisi makanan agar keringnya merata. cara ini sangat cocok untuk menggoreng potongan daging ,potongan ikan,telur,sosis.(sebelum digoreng makan tersebut bisa dilapisi tepung yang dicampur bumbu,telur atau tepung roti ).
  • Metode basa atau menggoreng dalam
Makanan dimasak dalam wajan yang dalam (bisa cembung atau berbentuk panci). makan dimasak dalam minyak yang cukup banyak kira-kira 2/3 kedalam wajan tersebut. lemak/minyaknya harus panas,sudah tidak berbuih lagi dan mengeluarkan asap berwarna kebiru-biruan.

Bila keadaan sudah demikian barulah makanan yang akan digoreng baru dimasukkan.
Caranya mengangkat makanan tersebut pun harus dengan saringan khusus , sesuai dengna bentuk wajannya (wajan biasa digunakan saringan bentuk saringan ikan).

Bersambung........... Masih ada lagi......yang belum ditulis.....he.3.x besok-besok datang lagi ya....