Beberapa Hal Yang Harus dipertimbangkan Saat Merencanakan Menu Masakan

Sebelum kita memastikan pilihan untuk sesuatu menu,kita harus memperhatikan bangkan terlebih dahulu nilai dan nutrisi yang dikandung dari makanan tersebut.

Secara garis besar,semua makanan terdiri dari : karbohidrat,mineral,vitamin dan air.oleh karena itu kita pikirkan apa makanan yang akan kita buat ini  memiliki semua unsur yang dibutuhkan oleh tubuh kita,atau apakah perbandingannya sudah cukup sesuai dengan kondisi orang yang akan menyantapnya.

Beberapa Hal Yang Harus dipertimbangkan Sebelum Menentukan Makanan :

  • Sesuikan dengan kebutuhan masing-masing anggota keluarga menurut usia,jenis kelamin,pekerjaan dan kesehatannya.
  • Menu harus seimbang,dalam arti cukup protein,karbohidrat,vitamin,mineral,lemak dan juga yang mengandung air dan serat.
  • Pilihlah makanan yang menarik dan pastikan bahwa kita akan mampu mempersiapkan dan memasaknya.
  • Pilih metode masak yang tidak merusak nilai nutrisi makanan itu sendiri,Sedapat mungkin memakai berbagai metode seperti : direbus,dikukus,digoreng,dibakar dan sebagainya.

Sekali-kali boleh juga mencoba beberapa jenis tekstur seperti :

Yang lunak,yang legit atau yang renyah. Atau bisa juga membuat beberapa kombinasi warna dan rasa,sehingga tidak membosankan.
  • Sajikan tepat pada saatnya,dengan cara yang menarik dan mengundang selera( berikan hiasan pemanis,namun tidak berlebihan.

Pengaruh Panas Pada Makanan

  • Protein yang terlalu lama dimasak akan menjadi liat,mengkerut dan hampir tidak tercerna sama sekali oleh tubuh. Hal ini tampak saat kita menggoreng makanan dengan pelapis dan yang menggunakan telur.
  • Nilai makanan yang berlemak tidak terpengaruh oleh panas. Jika kita sedang menggoreng makanan yang berlemak dan apinya terlalu panas,akan timbul asap dan bau terbakar,hal ini disebabkan karena bau terbakar,Hal ini disebabkan karena terbentuk-nya asam lemak.
  • Tepung harus diberi cairan terlebih dahulu sebelum dimasak,agar butir-butir tepung terpisah dan tidak membentuk gumpulan. sewaktu memasak harus selalu diaduk agar butir tepungnya tidak mengendap/terbenam dibawah. Ketika mendekati titik didih,maka dinding selulosa pecah,tepung keluar dan cairan pun mengental.
  • Gula adalah zat yang cepat larut terutama pada air yang hangat.
Bila larutan tersebut dipanaskan,ia akan menjadi sirup berwarna kecoklatan dan selanjutnya menjadi karamel. Bila dipanaskan terus,ia akan menjadi karbon dan abu.
  • Serabut (selulosa ) akan menjadi lunak bila diberi cairan yang panas,sehingga makanan terbut mudah dicernakan. Vitamin A da D tidak rusak bila terkena panas dan juga tidak larut jika dimasukkan ke dalam air. Vitamin B (misalnya alkali dalam baking powder) akan rusak dengan pressure cooker/dalam kaleng.
  • Vitamin C mudah rusak bila terkena panas yang tinggi,namun ia mudah larut dalam air,baik itu air rebus maupun air pencuci.maka dianjurkan jangan direndam sayuran dalam air,masaklah dengan air sedikit mungkin dan kalau bisa gunakan air perebus untuk saus.

Metode Memasak Dengan Cara Direbus

Direbus. Memasak dengan cara merebus berarti memasak dengan menggunakan panas basah. Artinya makanan yang kita masak mengalami kontak langsung dengan air panas yang mudah mendidih. Waktu yang digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing makanan.
Sebagai contoh bila  kita merebus daging dan ikan,maka temperaturnya harus dinaikkan ke batas titik didih secara perlahan-lahan (simmering). Metode ini dipakai untuk merebus jenis daging yang agak liat,sayuran dan puding. Bila kita didihkan cairan ini dengan cepat dan panas sekali maka akan berakibat :
  1. Nutrisinya hilang.
  2. Sari rasanya juga hilang.
  3. Ikan atau makanan lain yang halus akan rusak teksturnya.
  4. Daging sulit dicernakan.

Metode Memasak Dengan Cara Dikukus

Dikukus.masih termasuk memasak dengan menggunakan panas basah,hanya saja makanan yang dimasak tidak mengalami kontak langsung dengan air yang mendidih, melaikan menggunakan panas yang keluar dari uap air yang mendidih. Kebanayakan metode ini dipakai untuk memasak daging,ikan ,puding dan sayuran. 

Diantara metode memasak,metode dikukus adalah metode yang paling baik,karena makanan yang dihasilkan mudah dicerna, dan tidak mengandung resiko terlalu matang atau terlalu lama memasaknya. itulah sebabnya banyak orang yang sudah lanjut usia selalu mengukus makanannya.