Apa itu Asuransi ?

Tags

Seperti yang kita ketahui salah satu cara pencegahan risiko adalah dengan mengasuransikan risiko kepada perusahaan asuransi. Metode ini dianggap metode yang paling penting dalam menanggulangi risiko. Oleh karena itu banyak orang berpikir bahwa manajemen risiko sama dengan asuransi. Padahal keadaan sebenarnya tidak begitu.

Asuransi berarti transaksi asuransi, yang melibatkan dua pihak, tertanggung dan perusahaan asuransi. Apabila perusahaan asuransi menjamin tertanggung, maka dia akan diganti karena kerugian yang mungkin dia derita, sebagai akibat dari sebuah peristiwa yang tidak akan selalu terjadi atau yang tidak dapat ditentukan kapan atau kapan hal itu terjadi. Sebagai tertanggung dalam kewajiban membayar sejumlah uang ke perusahaan asuransi, besarnya proporsi uang pertanggungan, biasa disebut "premium".

Dilihat dari beberapa sudut, asuransi memiliki berbagai tujuan dan teknik pemecahan antara lain:

A. Dari perspektif ekonomi, maka:

Hasil:

Mengurangi ketidakpastian dari hasil operasi yang dilakukan oleh seseorang atau perusahaan dalam rangka memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan.

Teknik:

Dengan mengalihkan risiko ke pihak lain dan pihak lain menggabungkan sejumlah besar risiko, maka dapat diperkirakan dengan lebih tepat besarnya kemungkinan kerugian.

B. Dalam hal Hukum, maka:

Hasil:
Mentransfer risiko yang dihadapi oleh suatu objek atau aktivitas bisnis ke pihak lain.

Teknik:
Melalui pembayaran premi oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi dalam kontrak ganti rugi (polis asuransi), maka risiko pengiriman ke perusahaan asuransi.

C. Dari segi Perdagangan, maka:
Hasil:
Bagikan risiko yang dihadapi kepada semua peserta program asuransi.

Teknik:
Transferkan risiko dari perorangan / perusahaan ke lembaga keuangan yang terlibat dalam manajemen risiko (perusahaan asuransi), yang akan menanggung risiko kepada seluruh peserta asuransi yang ditangani.

D. Dari sudut pandang masyarakat, maka:
Hasil:
Beruang rugi bersama di antara semua peserta program asuransi.

Teknik:
Semua anggota kelompok (anggota kelompok) dari program asuransi berkontribusi (dalam bentuk premi) untuk bersimpati kerugian yang diderita oleh beberapa anggotanya.

E. Dalam hal Matematika, maka:
Hasil:
Prediksikan besarnya kemungkinan risiko dan hasil ramalan digunakan untuk membagi risiko bagi semua peserta (kelompok peserta) program asuransi.

Teknik:
Menghitung probabilitas berdasarkan teori probabilitas ("Probability Theory"), dilakukan oleh aktuaris dan juga oleh penjamin emisi.