Penelitian Lingkungan Tempat Hidup Udang

III METODELOGI

3.1    Waktu dan Tempat
    Penelitian ini akan dilaksanakan selama satu bulan yaitu pada bulan Maret 2014, dengan mengikuti operasi penangkapan udang bersama masyarakat nelayan di Perairan Barat Aceh Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat pata gambar 2 dibawah:

3.2    Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini hanya berfokus kepada lokasi penangkapan induk udang pisang di perairan pantai barat Aceh khususnya nelayan yang mendaratkan hasil tangkapannya di TPI Suak Seumaseh Kecamatan Sama Tiga.

3.3    Alat dan Bahan
    Alat yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.    Kapal nelayan di TPI Suak Seumaseh, Kec. Sama Tiga untuk mengikuti secara langsung proses penangkapan udang dilaut;
2.    Timbangan untuk menimbang berat hasil tangkapan;
3.    Pengukur Panjang yang berkapasitas 30 cm dengan tingkat ketelitian 0,1 cm;
4.    Satu Buah Kamera guna untuk dokumentsi;
5.    Thermometer untuk mengukur suhu air;
6.    GPS untuk penentuan posisi;

Selain menggunakan alat dalam mengumpulkan data penelitian, bahan pendukung  kelancaran penelitian juga ikut serta digunakan, antara lain adalah:
1.    Alat tulis menulis untuk mencatat data
2.    Induk hasil tangkapan.
3.    Data skunder dari Nelayan.

3.4         Metode Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif yaitu dengan melakukan pengamatan langsung ke lapangan untuk mengamati aspek-aspek yang mencakup dalam lingkup penelitian untuk menggambarkan secara tepat kondisi karakteristik perairan zona penangkapan induk udang pisang di perairan pantai barat Aceh. Menurut Supranto (2003), riset deskriptif dapat bersifat eksploratif yang bertujuan agar peneliti dapat menggambarkan keadaan pada suatu kurun waktu tertentu sebagai dasar untuk membuat keputusan-keputusan.
Selama penelitian ini dilaksankan peneliti sudah melakukan pengamatan langsung dilapangan dengan cara mengikuti para nelayan melaut sebanyak 12 kali turun kelaut. Pada saat pengamatan dilapangan yaitu laut peneliti mengamati beberapa aspek tujuan penelitian ini demi mendapatkan data-data yang diperlukan dan selebihnya peneliti melakaukan wawancara dengan nelayan demi mendapatkan tambahan imformasi mengenai penangkapan induk udang pisang di perairan tersebut.

3.5    Parameter Pengamatan
Yang menjadi parameter pengamatan dalam penelitian ini adalah:
1.    Mengetahui titik – titik koordinat zona potensial penangkapan induk udang pisang diperairan Kec. Sama Tiga oleh nelayan TPI Suak Seumaseh.
2.    Jumlah hasil tangkapan induk udnag pisang di TPI suak Seumaseh.
3.    Mengetahui Karakteristik Lingkungan hidup udang pisang..
4.    Musim dan bulan yang berpotensial untuk melakukan usaha penangkapan.

3.6    Metode Pengumpulan Data
Secara garis besar, data yang dikumpulkan pada penelitiann ini diperoleh melalui pengamatan langsung di lapangan, pengamatan ini bertujuan mendapatkan gambaran yang nyata mengenai dimana, kapan dan karekteristik perairan penangkapan udang untuk induk  di lapangan. Situasi dan kondisi tersebut diperoleh melalui pengamatan, pengukuran, pencatatan dan dokumentasi. Selebih nya diperoleh melalui wawancara dengan 20 orang nelayan setempat untuk mendapatkan tambahan imformasi mengenai penagkapan induk udang pisang di perairan tersebut.

3.7    Metode Analisis Data
Data dan imformasi yang telah diperoleh akan disajikan dan diolah agar mudah untuk dimengerti dan dipahami. Adapun metode analisis yang akan digunakan untuk penyusunan penelitian adalah metode analisis deskriptif, yaitu dengan memaparkan secara utuh fakta hasil pengamatan yang didapat sesuai dengan keadaan kondisi sebenarnya dilapangan, seperti lokasi daerah penangkapan, hasil tangkapan, dan karakteristik induk yang selanjutkan akan dikaitkan dengan teori-teori yang ada.