Pengertian Belajar dan Prestasi Belajar Berbeda Satu dengan Yang lainnya

Otak manusia terdiri dari empat gelombang otak unik dengan frekuensi tertentu. Mereka dikenal karena mempengaruhi fungsi otak dalam berbagai keadaan. Mereka juga banyak membantu dalam proses belajar. Salah satu penemuan terbesar yang pernah Anda buat tentang otak adalah Anda dapat dengan mudah menukar gelombang otak dan proses belajar Anda. Ini bisa semudah 1-2-3 saat Anda menguasai proses yang terlibat. Jika menyangkut masalah ini, ada beberapa fakta yang perlu Anda ketahui.

Sebagai individu yang sehat, otak Anda terdiri dari miliaran sel yang dikenal sebagai neuron. Mereka memanfaatkan pola listrik yang disebut "gelombang otak" dalam mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya ada 4 pola gelombang otak yang berbeda yaitu beta, alpha, theta dan delta. Gelombang Beta biasanya menyebar saat Anda sadar waspada atau saat Anda menegang. Hal itu juga bisa dilepaskan saat Anda takut atau gelisah. Hal ini dapat dengan mudah mempengaruhi proses belajar Anda terutama jika Anda masih bersekolah. Frekuensi yang dipancarkan oleh beta berkisar 13 sampai 60 pulsa per detik.

Gelombang alfa disebarkan saat Anda dalam keadaan sadar atau Anda berada dalam ketenangan fisik namun Anda mungkin masih menyadari lingkungan Anda pada titik-titik seperti itu. Rentang frekuensi untuk alpha adalah antara 7 dan 13 pulsa per detik. Gelombang Theta muncul saat Anda dalam keadaan lesu atau linglung. Frekuensi berkisar antara 4 sampai 7 pulsa per detik. Gelombang Delta pada bagiannya dipancarkan saat Anda benar-benar dalam keadaan tidur nyenyak atau tidak sadar total. Frekuensi yang dipancarkan berkisar dari 0,1 sampai 4 pulsa per detik.

Semua emisi ini dalam frekuensi yang berbeda berjalan jauh untuk mempengaruhi proses belajar baik untuk kebaikan maupun keburukan. Gelombang otak dan pembelajaran memiliki alasan umum saat Anda mempertimbangkan berbagai cara kondisi gelombang pikiran manusia. Kemampuan belajar Anda bisa sangat progresif dan aktif saat gelombang beta sedang dalam perjalanan. Biasanya, sistem mental Anda selalu sangat aktif dan waspada saat gelombang beta menyala. Belajar bisa agak lambat saat gelombang alpha sedang dalam perjalanan. Anda hanya akan menyadari beberapa hal yang terjadi di sekitar Anda. Saat theta aktif, pembelajaran bisa semakin melambat karena Anda sadar keadaan. Di sisi lain, kemampuan belajar benar-benar hampir mati saat gelombang delta sedang berlangsung. Hal ini berlaku karena Anda berada dalam keadaan tidak sadarkan diri atau tidur nyenyak pada periode tersebut.

Bagaimanapun, Anda selalu dapat memperbaiki gelombang otak dan kemampuan belajar Anda dengan melakukan beberapa latihan otak yang bisa membantu. Ada latihan khusus yang dikembangkan untuk meningkatkan gelombang otak. Ada juga latihan khusus yang dirancang untuk meningkatkan pembelajaran. Bila Anda menggabungkannya secara efisien, Anda yakin untuk mengetahui seberapa efektif proses pembelajarannya. Penting bagi Anda untuk mencari berbagai sumber seperti CD yang telah dikembangkan untuk membantu Anda terlibat dalam beberapa latihan otak yang dapat membuat Anda menikmati yang terbaik dalam hidup.