14 Tokoh Tari atau Pakar Tari Nusantara dan Mancanegara

Tokoh-tokoh tari atau pakar tari biasanya memiliki sanggar seni tari yang memiliki banyak murid. 

14 tokoh tari nusantara dan mancanegara adalah sebagai berikut. 

  1. R.L. Sasmita Mardawa, tokoh tari klasik gaya Yogyakarta dengan karya tari seperti Tari Menak Umarmoyo Umarmadi, Tari Menak Kelasworo Adaninggar, Tari Golek Ayun-ayun, dan Tari Sari Kusuma. 
  2. S. Maridi, tokoh tari dari Surakarta dengan karya tari seperti Tari Gambyong Pareanom, Tari Eko Prawiro, Tari Bondan Tani, dan Tari Merak Subal. 
  3. I Wayan Dibiya, tokoh tari dari Bali, dengan karya tari seperti Tari Manuk Rawa, Tari Jaran Teji, Tari Wirayuda, dan Tari Yudapati. 
  4. I Nyoman Kaler, tokoh tari dari Bali, dengan karya tari seperti Tari Margapati dan Tari Panji Semirang. 
  5. Syofyan, tokoh tari dari Minangkabau, dengan karya tari seperti Tari Piring, Tari Payung, Tari Saputangan, Tari Rantak, dan Tari Pasambahan. 
  6. Munasiah Najamuddin, tokoh tari dari Sulawesi, dengan karya tari se-perti Tari Pakarena, Tari Pajaga, Tari Patudu, Tari Pagelu, dan Tari Pajoge. 
  7. Bagong Kusudiardjo, tokoh tari kreasi baru dari Yogyakarta, dengan karya tari seperti Tari Tani, Tari Yapong, Tari Batik, Tari Wirapertiwi, Tari Bayangkari, dan lain-lain. 
  8. Didik Hadiprayitno (Didik Nini Thowok), tokoh tari kreasi baru dari Yogyakarta, dengan karya tari seperti Tari Lansia, Tari Dwi Muka, dan Tari Blekdidot. 
  9. Lo Nam Fai, tokoh tari dari Taiwan, dengan hasil karya tari seperti Seams of the City. 
  10. Ramli Ibrahim, tokoh tari dari Malaysia, penata tari Bharata Natyam dan Odissi (India) serta balet klasik dan kontemporer. 
  11. Martha Graham, penata tari balet kontemporer dari Amerika Serikat. 
  12. Karen Lustgarten, tokoh tari dari Inggris, penata tari cha cha dan salsa. 
  13. Kang Man Hong, penata tari dari Korea, dengan karya tari seperti The Throne, The Illusion, dan Flower of lncense. Jose Limon, penata tari dari Meksiko yang ahli dalam bidang dance company. 
  14. Rod Rodgres, orang kulit hitam yang ahli dalam bidang tari Jazz Uazz dance). 
    14 Tokoh Tari atau Pakar Tari Nusantara dan Mancanegara

Koreografer adalah sebutan untuk penata tari, yang identik dengan seniman sehingga kedudukannya sama dengan pelukis, sastrawan, atau aktris. Penata tari yang baik adalah orang yang tahu betul tentang gerak-gerak tari dan dapat merangkainya menjadi bentuk tarian atau drama tari yang dapat memuaskan penonton sehingga muncul kesan kagum dan haru.