3 Unsur Penting Tari Flamenco

Eropa 

Dari sejumlah tari-tarian di Eropa, tari tradisi yang paling terkenal adalah tari Flamenco dari Spanyol. Flamenco merupakan tarian kaum gipsi di Andalusia, Spanyol selatan. Tarian yang diciptakan pada abad XV ini memadukan musik hiburan dan rohani Timur (Asia) dengan tarian dan nyanyian lokal.

Kebudayaan lokal di Andalusia sendiri sudah sangat beragam karena di tempat itu tinggal orang Spanyol, Yahudi, Arab, dan Afrika.


Ada 3 unsur penting Tari Flamenco, yaitu 

  1. El cante (lagu), 
  2. El baile (tarian), dan 
  3. la guitarra (permainan gitar). 
Walaupun pada awalnya Flamenco diiringi oleh biola, ketiga unsur ini menjadi kesatuan nyata pada zaman keemasan-nya di era cafes cantantes (musik kafe di pinggir jalan, 1869-1910). Pada masa itu, para penari melakukan pertunjukan setiap hari dan bersaing untuk mendapatkan tepukan tangan terbanyak.

Kemudian terjadi evolusi teknik menari. Gerak utama penari pria adalah gerakan kaki dan para penari wanita menggunakan bata de cola (gaur panjang dengan deretan renda bertumpuk). Terkadang, penari wanita ada juga yang berdandan dengan memakai pakaian pria. Penari wanita disebut bailaora, sedangkan penari pria disebut bailaore.
3 Unsur Penting dari Flamenco
Para penari pun memiliki julukan tersendiri yang menandakan kekhasannya masing-masing. Beberapa penari terbesar adalah Antonia Merc "La Argentina".dan Ercarnacin Lopez "La Argentinita". Walaupun pada 1915 Manuel de Falla membuat 'El Amor Brujo' yang merupakan cikal bakal balet flamenco, La Argentina-lah yang menyempurnakan dan membuat versi 'El Amor Brujo'-nya menjadi balet flamenco yang pertama .