2 Pintu Masuk Setan dan Bisikannya Lewat Ibadah

2 Pintu Masuk Setan dan Bisikannya Lewat Ibadah


Setan bisa masuk memengaruhi seseorang dengan bisikannya lewat ibadah dengan dua cara berikut. 
  1. Dalam ketaatan, menyuruh seseorang untuk berlebihan, memaksakan diri untuk beribadah sebaik mungkin sehingga melebihi dari yang dituntut.
  2. Dalam larangan dan perbuatan haram, maka ia memoles sesuatu yang haram dan terlarang sehingga dianggap baik oleh mata manusia, salah satu caranya adalah dengan mengganti nama atau embel-embel de-ngan yang lain sehingga manusia bisa terkecoh. 
Ia bisa juga masuk dalam masalah keduniaan sehingga manusia meng-anggap bahwa dunia adalah segalanya, ia sangat indah dan menawan sementara akhirat hanya omong kosong belaka tidak perlu dipikirkan sebab azab itu pada dasarnya tidak ada. Ia bisa juga masuk ke dalam permasalahan nama dan sifat-sifat Allah, sehingga manusia mengingkari, meragukan keberadaan Zat Allah yang Mahaagung dan suci. Hal ini sangat berbahaya, jika seorang mukmin merasakannya maka hendaklah ia kembali dan bertobat mengatakan,

"Saya beriman dengan Allah dan Rasul-Nya." 


Atau bacalah surah al-Ikhlas lalu meludah ke samping kiri sebanyak tiga kali, dan berlindung kepada Allah dari segala bentuk godaan setan yang terkutuk.