23 Ciri-Ciri Dukun Asli Tukang Santet (Paranormal)

CIRI-CIRI PERDUKUNAN 

Perdukunan telah merasuk dalam masyarakat Islam, Sehingga batas antara kebenaran dan kebathilan menjadi samar. Karena banyak ilmu-ilmu perdukunan (kahanah) dikemas dengan kemasan agamis, sehingga masyarakat Islam banyak yang tertipu oleh para dukun. Istilah dukun biasanya digunakan di daerah pedesaan, sedangkan orang pintar atau paranormal, untuk menyatakan hal yang sama, digunakan lebih umum diantara populasi perkotaan, Maka kita harus berhati-hati jangan sampai kita terjerumus dalam perdukunan terselubung dan kita harus bertaubat kepada Allah dari berhubungan dengan dukun (kahin, sahir, 'arraf, dajjal, musya'widz). Diantara 23 Ciri-Ciri Dukun Asli Tukang Santet (Paranormal) yang mesti diketahui masyarakat adalah sebagai berikut: 
  1. Bertanya namanya, nama ayahnya dan nama ibunya untuk dimanterai. 
  2. Menanyakan hari lahir dan pasarannya (kliwon, legi, pahing, pon, wage) atau orang jawa seting menyebutnya weton (hari lahir dan pasarannya), termasuk waktu lahirnya apakah pagi, sore, siang atau malam. 
  3. Meminta salah satu benda penderita (Foto, kain, saputangan, peci, baju, dan sebagainya) sebagai syarat ritual atau deteksi. 
  4. Terkadang minta binatang dengan sifat tertentu (ayam cemani, burung pelatuk bawang dan lain sebagainya), atau media lain seperti bunga kantil, minyak ponibalsawa atau zakfaron, daun sirih ketemu ruas, buah apel jin, tanah dari rumah penderita, tanah kuburan, air sumur kramat, dan sebagainya. 
  5. Menulis jimat-jimat tertentu (rajah), menggambar segi empat yang didalamnya ditulisi huruf dan angka. Memberikan benda-benda pusaka, potongan kayu, selembar kain dan sebagainya. 
  6. Membaca mantera-mantera yang tidak difahami, potongan ayat Al-Quran yang dipisah-pisah, membaca symbol-symbol tertentu sebagai pengganti mantranya agar diamalkan secara khusus dan dengan cara dan hitungan khusus. 
  7. Kadang-kadang menyuruh penderita menyepi tidak terkena sinar matahari.
  8. Kadang-kadang tidak boleh menyentuh air pada masa-masa tertentu, atau mandi tengah malam. 
  9. Memberi benda-benda yang harus ditanam di tanah, ditempel di atas pintu, sikep, susuk, keris, akik, cincin besi,'air sakti', telur, 'sabuk perlindungan', benang untuk ditalikan di tubuh dan sebagainya atau memberikan batu kristal yang dikatakan sebagai media penarikan dan penyaluran energi. 
  10. Menyuruh penderita beribadah dan berwirid bid'ah dan menyuruh penderita minum darah haid.
  11. Terkadang sudah tahu duluan masalahnya, nama dan tempat asalnya. Dia juga bisa melihat ada jin di dalam diri seseorang. 
  12. Terkadang punya kamar khusus di rumahnya yang tidak boleh dimasuki orang lain. 
  13. Ada pantangan terhadap dirinya dan penderita terhadap hari atau tanggal tertentu (tahayyur). 
  14. Menulis ayat Al-Quran dengan sungsang, dari kiri atau dengan darah (haid) atau sesuatu yang najis. 
  15. Kebanyakan suram wajahnya, kebanyakan merokok, membakar kemenyan, sulit untuk tawadhu. 
  16. Tathayyur (menghubung-hubungkan sebuah peristiwa atau fenomena alam dengan nasib baik atau buruk seseorang atau suatu kaum).Seperti seorang dianggap nasibnya sial karena dia punya rumah tepat di pertigaan yang sering disebut rumah sate. 
  17. Memberikan ramalan ghoib tentang sesuatu yang sudah terjadi atau sedang terjadi atau yang akan terjadi. 
  18. Suka mendeteksi penyakit dengan mengistilahkan dengan kepekaan tangan,memakai pendulum,transfer energi dan lain sebagainya. 
  19. Menggunakan ritual sihirnya dengan istilah "pembukaan", shaktivat, inisiasi, attunement, pengisian, pembersihan dan pembukaan aura, pembuangan energi negatif, pembersihan karma negatif dan lain sebagainya. 
  20. Melakukan pemagaran atau pembentengan ghaib agar tidak ada gangguan dari makhluk ghoib dengan kekuatan sihir tenaga dalam, ilmu hikmah dan ilmu-ilmu kesaktian lainnya. 
  21. Melakukan ritual atau prilaku aneh dalam pelaksanaan hajadnya seperti menggerakkan tangan seolah-olah menulis, menangkap atau menolak sesuatu, menyedot atau mengeluarkan napas dengan keras dengan mengejangkan salah satu anggota tubuhnya. 
  22. Memegang bagian-bagian tubuh pasien yang bukan muhrimnya secara langsung (bersentuhan kulit) dalam prosesi pengobatan.
    23 Ciri-Ciri Dukun Asli Tukang Santet (Paranormal)
  23. Memberikan wejangan-wejangan yang bertentangan dengan ajaran Islam. (seperti memberikan wejangan kejawen yang sesat mengenai sedulur papat lima pancer atau saudara kembar yang katanya bisa dipanggil untuk dimintai pertolongan). 

Al-Qur'an Surat Az-Zumar Ayat ke-65

وَلَقَدْ اُوْحِيَ اِلَيْكَ وَاِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَۚ لَىِٕنْ اَشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنَّ عَمَلُكَ وَلَتَكُوْنَنَّ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Artinya:

65. Dan sungguh, telah diwahyukan kepadamu dan kepada (nabi-nabi) yang sebelummu, “Sungguh, jika engkau mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan tentulah engkau termasuk orang yang rugi.” (QS. Az-Zumar’: 65)


Nabi Shallallahu ‘alaihi Wasallam Bersabda,

مَنْ أَتَى عَرَّافًا فَسَأَلَهُ عَنْ شَىْءٍ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاَةٌ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً

“Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal (Dukun) dan bertanya kepadanya tentang suatu perkara, maka shalatnya tidak akan diterima selama empat puluh hari” (HR. Muslim).


Sementara itu, dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Nabi ﷺ Muhammad bersabda sebagai berikut ini:  

من أتى عرافا أو كاهنا فصدقه بما يقول فقد كفر بما أنزل على محمد 

"Barangsiapa mengunjungi seorang arraaf atau peramal (Dukun) dan percaya pada apa yang dikatakannya, maka ia telah kafir kepada apa yang diturunkan kepada Muhammad (Alquran)." (Hadits sahih diriwayatkan Imam Ahmad) 


Al-Qur'an Surat An-Nisa Ayat ke-48

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَى إِثْمًا عَظِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.” (QS. an-Nisa’: 48)

Dalam hadits Nabi ﷺ Muhammad bersabda sebagai berikut...

دحما هاور ( َكَرْشَأ ْدَقَ ف ًةَمْيَِتَ َقَّلَع ْنَم. ٔٓ.

“Barang siapa yang mengenakan jimat maka dia telah menyekutukan Allah” (HR. Ahmad)


Al-Qur'an Surat Al-An'am Ayat 88

ذٰلِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهْدِيْ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ ۗوَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Artinya : Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.” (QS. Al-An'am’: 88)


Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Nabi Muhammad ﷺ bersabda sebagai berikut ini:  

اجتنبوا السبع المو بقات: الشرك بالله والسحر..."Jauhilah tujuh hal yang membinasakan (dosa besar): menyekutukan Allah, dan sihir... (HR Muslim).   


Sumber: Praktisi Ruqyah Syar'iyyah