4 Kewajiban Asasi Manusia Yang Harus dipenuhi

4 Kewajiban Asasi Manusia Yang Harus dipenuhi


Kewajiban asasi yang harus dipenuhi semua manusia di antaranya 4 kewajibannya sebagai berikut.
  1. Kewajiban manusia untuk menjalankan tugas sebagai manusia. 
  2. Kewajiban moral atas dasar norma benar dan salah sebagaimana diterima dan diakui oleh masyarakat. 
  3. Kewajiban sosial atas dasar norma dan tingkah laku lingkungan sosial. 
  4. Kewajiban kepada Tuhan. 

Kewajiban Asasi Manusia 

Menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara semua anggota masyarakat mempunya suatu hak. Selain itu, manusia juga mempunyai kewajiban asasi. Sering kali orang hanya menuntu hak, tetapi lupa bahwa juga memiliki kewajiban untuk menghormati hak asasi orang lain.

Pengertian kewajiban manusia 

Kewajiban asasi manusia adalah sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap manusia sebaga makhluk hidup. Istilah kewajiban asasi manusia tidak begitu dikenal dibandingkan dengan istilal-hak asasi manusia bahkan sering dilupakan orang. Kewajiban asasi manusia merupakan bentuk pembatasan atas hak asasi manusia (HAM) yang dapat menjadi sumber munculnya sifat egoisme individu. Selain mempunyai hak, manusia juga mempunyai kewajiban asasi.
4 Kewajiban Asasi Manusia Yang Harus dipenuhi

Substansi Hak dan Kewajiban Manusia dalam Pancasila 

Pancasila merupakan ideologi yang mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Pancasila sangat menghorrnati hak asasi setiap warga negara maupun bukan warga negara Indonesia. Pancasila menjamin hak asasi manusia melalui nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai-nilai Pancasila dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu nilai ideal, nilai instrumental, dan nilai praktis. Ketiga kategori nilai Pancasila tersebut mengandung jaminan atas hak asasi manusia. Salah satu karakteristik hak asasi manusia adalah bersifat universal. Artinya, hak asasi merupakan hak yang dimiliki oleh setiap manusia di dunia tanpa membeda-bedakan suku bangsa, agama, ras, maupun golongan. Oleh karena itu, setiap negara wajib menegakkan hak asasi manusia.