5 Kelompok Instrumen Musik didasarkan Pada Cara Produksi Suaranya

Klasifikasi musik dunia Sachs-Mahillon-Hombostel didasarkan pada cara produksi suaranya, yang dibedakan menjadi: 


1. Chordophone

Chordophone, adalah kelompok instrumen musik yang mana senar atau dawai yang ditegangkan sebagai sumber su-aranya. Beberapa contoh instrumen musik yang termasuk kelompok ini: biola (violin), gitar akustik, cello, dan banjo.

2. Aerophone

Aerophone, adalah kelompok instrumen musik yang mana udara atau satuan udara yang berada di dalam instrumen musik itu sendiri sebagai sumber suaranya. Beberapa con-toh instrumen musik yang termasuk kelompok ini: saxopho-ne, clarinet, tuba, eufonium, harmonika, cornet, trombone, dan brass horn.

3. Idiophone

Idiophone, adalah kelompok instrumen musik yang mana badan instrumen musik itu sendiri yang berfungsi sebagai sumber suaranya. Beberapa contoh instrumen musik yang termasuk kelompok ini: cymbal, gong, dan maraccas.

4. Membranophone

Membranophone, adalah kelompok instrumen musik yang mana kulit atau selaput tipis yang diregang sebagai sumber suaranya. Beberapa contoh instrumen musik yang termasuk kelompok ini: conga, ketipung, bongo, bass drum, dan senar drum.
5 Kelompok Instrumen Musik didasarkan Pada Cara Produksi Suaranya

5. Electrophone

Electrophone, adalah kelompok instrumen musik yang mana adanya aliran listrik yang menyebabkan instrumen musik tersebut menghasilkan suara. Beberapa contoh instrumen musik yang termasuk kelompok ini: organ listrik, dan gitar listrik.