5 Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari

5 Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari


Beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari untuk menghargai dan Penegakan hak asasi manusia, antara lain dapat dilakukan melalui 5 upaya penegakan perilaku sebagai berikut.
  1. Mematuhi instrumen-instrumen hak asasi manusia yang telah ditetapkan. 
  2. Melaksanakan hak asasi yang dimiliki dengan penuh tanggung jawab. 
  3. Memahami bahwa selain memiliki hak asasi, setiap orang juga memiliki kewajiban asasi yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab. 
  4. Tidak semena-mena terhadap orang lain.
  5. Menghormati hak-hak orang lain. 

Upaya Penanganan Kasus Pelanggaran Hak Asasi Manusia 


Upaya penanganan pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia yang bersifat berat, maka penyelesaiannya dilakukan melalui pengadilan hak asasi manusia, sedangkan untuk kasus pelanggaran hak asasi manusia yang biasa diselesaikan melalui pengadilan umum. Upaya-upaya penegakan hak asasi manusia di Indonesia dapat diwujudkan melalui perilaku berikut ini.
  1. Menghormati setiap keputusan yang ditetapkan oleh pengadilan dalam kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia. 
  2. Membantu pemerintah dalam upaya penegakan hak asasi manusia. 
  3. Tidak menyembunyikan fakta yang terjadi dalam kasus pelanggaran hak asasi manusia.
  4. Berani mempertanggungjawabkan setiap perbuatan melanggar hak asasi manusia yang dilakukan diri sendiri. 
  5. Mendukung, mematuhi, dan melaksanakan setiap kebijakan, undang-undang, dan peraturan yang ditetapkan untuk menegakkan hak asasi manusia di Indonesia. 

Perilaku yang Mendukung Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia 

5 Upaya Penegakan Hak Asasi Manusia dalam Kehidupan Sehari-Hari
Upaya penegakan hak asasi manusia tidak cukup hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Upaya penegakan selain dilakukan oleh pemerintah, hendaknya juga dilakukan oleh seluruh warga negara sebagai wujud partisipasi penegakan hak asasi manusia. Perilaku yang dapat dilakukan untuk mendukung penegakan hak asai manusia dapat dilakukan baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan bangsa dan negara. Contoh perilaku untuk mendukung penegakan hak asas manusia, yaitu menghormati dan menyayangi anggota keluarga di rumah, tidak memaksakan kehendak kepada teman dan guru, tidak menghardik kaum duafa, dan memahami serta menaati setiap instrumen hak asasi manusia yang berlaku.