6 Ciri Yang Menggambarkan Suatu Pemerintahan Demokrasi

6 Ciri Yang Menggambarkan Suatu Pemerintahan Demokrasi


6 Ciri yang menggambarkan suatu pemerintahan didasarkan atas sistem demokrasi adalah sebagai berikut. 
  1. Ciri konstitusional Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kehendak, kepentingan maupun kekuasaan rakyat yang ditegaskan ke dalam konstitusi maupun undang-undang yang berlaku di negara tersebut.
  2. Ciri perwakilan Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat yang diwakilkan oleh sejumlah orang yang telah dipilih oleh rakyat itu sendiri.
  3. Ciri pemilihan umum Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan kegiatan politik untuk memilih pihak dalam permerintahan. 
  4. Ciri kepartaian Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan partai yang menjadi sarana atau media sebagai bagian dalam pelaksanaan sistem demokrasi.
  5. Ciri kekuasaan Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan adanya pembagian kekuasaan dan pennisahan kekuasaan. 
  6. Ciri tanggung jawab Merupakan ciri-ciri demokrasi yang berkaitan dengan tanggung jawab dari pihak yang telah terpilih. 


Demokrasi berdasarkan prinsip ideologi Berikut pembagian demokrasi berdasarkan ideologi. 

  1. Demokrasi liberal Demokras liberal adalah sistem demokrasi yang menekankan kepada kebebasan individu yang sering mengabaikan kepentingan umum.
  2. Demokrasi rakyat Demokrasi rakyat adalah demokrasi yang didasari dari paham sosialisme dan komunisme yang mengutamakan kepentingan negara dan kepentingan umum. 
    7 Ciri Yang Menggambarkan Suatu Pemerintahan Demokrasi
  3. Demokrasi Pancasila Dernokrasi Pancasila adalah demokrasi yang bersumber dari tata nilai sosial dan budaya bangsa Indonesia dengan berasaskan musyawarah mufakat yang mengutamakan kepentingan umum. Demokrasi Pancasila berasal dari Indonesia.