6 Fungsi Utama Akor Septime dan Rumus Pergerakan Akor

6 Fungsi Utama Akor Septime dan Rumus Pergerakan Akor


Fungsi utama akor septime hanya mempermanis gerakan akor atau sebagai jembatan dari suatu akor menuju akor yang Iain. Biasanya gerak tersebut adalah:
  1. 17 menuju IV, 
  2. 117 menuju V, 
  3. 1117 menuju VI, 
  4. IV7 menuju VIldim, 
  5. V7 menuju I, 
  6. VII7menuju II, 
  7. VII7menuju 

Akor Septime 

Dalam mengiringi lagu, terkadang akor trinada kurang dapa memenuhi tuntutan melodi lagu. Artinya, melodi lagu tidak terdapat dalart isi suatu akor, tetapi lebih enak bila menggunakan gerak akor tersebut Untuk mengatasi hal ini dipakai akor septime. jenis akor septime termasul dalam caturnada, karena terdiri dari paduan empat nada. Prinsip penyth sunannya bermula dari akor bentuk dasar ditambah nada septime yang berjarak interval septime kecil.

Gerak Akor 

Sebuah lagu akan menarik bila dalam penampilannya menggunakan harmoni yang ditunjukkan dengan penerapan rangkaian gerak akor (perpindahan dari suatu akor ke akor berikutnya). Penggunaan akor dalam lagu hendaknya memperhatikan tangga nada yang dipakai, aksen melodi, frase lagu, dan arah gerak akor.

Arah gerak akor dalam musik mengikuti melodi. Perjalanan gerak akor mengikuti satu patokan tertentu dan merupakan suatu arus yang selalu teratur.


Secara garis besar arah gerak akor mengikuti patokan sebagai berikut. 

  1. Akor tonika (I) bebas bergerak menuju akor lainnya. 
  2. Akor subdominan (IV) dapat langsung bergerak menuju akor tonika (I) atau terlebih dahulu melalui akor dominan (V). Jika akor dominan (V) bergerak menuju akor subdominan (IV), alangkah baiknya jika digerakkan terlebih dahulu ke akor tonika (I) atau ke akor tambahan (II, III, VI, VII). 
  3. Untuk setiap akhir frase, pilihlah satu rumusan pergerakan akor di bawah ini. 
  • Akor sembarang bergerak ke akor dominan (V). 
  • Akor dominan (V) bergerak menuju akor tonika (I).
  • Akor subdominan (IV) bergerak menuju akor tonika (I). 
    6 Fungsi Utama Akor Septime dan Rumus Pergerakan Akor
  • Akor dominan. (V) bergerak menuju akor submedian (VI). Untuk lebih jelasnya lihatlah contoh pergerakan akor di bawah ini!