Gaya Seni Rupa Realis, Impresionis, Ekspresionis, dan Kubistis

Deformatif berasal dari deformasi yang berarti perubahan bentu Bentuk alam diubah sedemikian rupa sehingga menghasilkan bentuk baru namun masih menyerupai bentuk aslinya.

Gaya seni rupa yang tergolong deformatif antara lain surealis, impresionis, ekspresionis, dan kubistis. 


Surealisme 

Istilah surealisme berasal dari kata sur yang berarti meiebih-lebihkan kata rea/ yang berarti nyata, dan isme yang berarti aliran/gaya. Surealisme adalah gaya/aliran seni rupa yang penggambarannya melebih-lebihkar. kenyataan, bahkan ada yang menyebutnya otomatisme psikis yang murni atau alam mimpi. Perupa mancanegara yang mempelopori gaya ini adalah Salvador Dali.

Impressionisme 

Impresstonisme berasal dari kata impression yang berarti kesan sesaat dan isme yang berarti aliran/gaya. Impresionisme adalah gaya/ahran seni rupa yang penggambarannya sesual dengan kesan saat objek tersebut dilukis. Gaya ini dipelopori oleh perupa mancanegara seperti Claude Monet, Paul Cezanne, Georges Seurat, dan Paul Gauguin. Perupa nusantara yang mengambil gaya ini antara lain S. Sudjojono.


Ekspresionisme 

Ekspresionisme berasal dari kata expression yang berarti ungkapan jiwa yang spontan dan isme yang berarti gaya/aliran. Ekspresionisme adalah aliran/gaya seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa perupanya yang spontan pada saat melihat objek. Gaya seni rupa ini dipelopori oleh pelukis Belanda yang bernama Vincent van Gogh. Perupa nusantara yang mengambil gaya ini adalah Affandi.
Gaya Seni Rupa Realis, Impresionis, Ekspresionis, dan Kubistis

Kubisme 

Kubisme berasal dari kata kubus yang berarti bidang atau bentuk persegi empat dan isme yang berarti gaya/aliran. Kubisme adalah aliran/ gaya seni rupa yang penggambarannya berupa bidang persegi empat atau bentuk dasarnya kubus. Gaya seni rupa ini dipelopori oleh pelukis Spanyol yang bernama Pablo Picasso. Perupa nusantara yang mengikuti gaya ini adalah But Mochtar, Mochtar Apin, Srihadi, Fajar Sidik.