Gaya Seni Rupa Romantisme, Naturalisme, dan Realisme

Kata representatif berasal dari representasi yang mengandun pengertian sesungguhnya, nyata, atau sesuai dengan keadaan. Perwujuda gaya seni rupa ini menggambarkan keadaan yang nyata pada kehidupan masyarakat atau keadaan alam.

Gaya Seni Rupa Yang Tergolong Representatif antara Lain Romantisme, Naturalisme, dan Realisme


Romantisme

Romantisme Istilah romantisme berasal dari kata roman yang berarti cerita da isme yang berarti aliran/gaya. Romantisme adalah gaya/aliran seni rup yang penggambarannya mengandung cerita kehidupan manusia atau binatang. Perupa mancanegara yang mempelopori gaya ini antara lai Fransisco Goya (Spanyol), Turner (Inggris), dan Rubens (Belanda). Perup nusantara yang mengambil gaya ini adalah Raden Saleh.

Naturalisme 

Istilah naturalisme berasal dari kata nature atau natural yang berarti alam dan isme yang berarti aliran/gaya. Naturalisme adalah gaya/aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan alam atau alami. Pelukis gaya ini pada umumnya mengambil pemandangan alam sebagai objeknya. Perupa macanegara yang mengambil gaya ini antara lain Rubens, Claude, Gainsborough, Constable, dan Turner. Perupa nusantara yang mengambil gaya ini antara lain Abdullah Suryosubroto, Wakidi, Mas Pringadi, dan Basuki Abdullah.
Gaya Seni Rupa Yang Tergolong Representatif antara Lain Romantisme, Naturalisme, dan Realisme

Realisme 

Istilah realisme berasal dari kata real yang berarti nyata dan isme yang berarti aliran/gaya. Realisme adalah gaya/aliran seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan kenyataan hidup. Perupa nusantara yang mengambil gaya ini antara lain Trubus, Tarmizi, Wardoyo, dan Dullah. Sedangkan perupa mancanegara dengan gaya ini, misalnya Rembandt van Rijn (Belanda).