Musik Pop, Dangdut dan Gamelan Berdasarkan Gaya/Aliran

Jenis Musik Pop, Dangdut dan Gamelan Berdasarkan Gaya/Aliran


Musik Pop Berdasarkan Gaya/Aliran

Daya tarik musik pop tidak dibatasi budaya dan bahasa. Musik pop bersifat menghibur, mengesankan, dan enak didengar. Musik pop memiliki berbagai gaya, seperti jazz, country, dan blues. Kebanyakan musik ini berkembang dari musik tradisional negara atau masyarakat tertentu. Misalnya jazz, blues, dan rap berakar pada musik kulit hitam Amerika. Tiap peradaban melahirkan gaya musik pop tersendiri. Sebagian musik, seperti swing dengan gamblang menggambarkan suasana masa lahirnya Lagu-lagu pop terkenal memiliki daya tarik abach. Sebagian bahkan menjadi musik serius dalam generasi selanjutnya, seperti waltz yang merupakan lagu pop pada abad ke-19.

Musik Dangdut Berdasarkan Gaya/Aliran

Musik dangdut merupakan kombinasi antara musik 1Velayu dan musik India. Jenis musik ini muncul pada tahun 1970-an. Kata "dangdut" berasal dari bunyi gendang khas yang umum digunakan dalam pertunjukan dangdut, yaitu tabla. Gendang tersebut bisa menghasilkan bunyi yang unik, yaitu duuut. Musik dangdut cepat populer di masyarakat Indonesia karena suara gendang dalam musik tersebut mirip dengan suara gendang asli 1n-donesia. Selain itu, lirik lagu dangdut mudah dicerna. Awalnya, musik dangdut hanya digemari kalangan masyarakat bawah. Namun sekarang peminatnya telah meluas hingga ke luar negeri.
6.3 Ruth Sahanaya, penyanyi Indonesia poluler yang banyak meraih prestasi internasional H Rhoma Irama sang Raja Dangdut tokoh dalam musik dangdut.
Musik Pop, Dangdut dan Gamelan Berdasarkan Gaya/Aliran

Musik Gamelan Berdasarkan Gaya/Aliran

Gameran merupakan instrumen musik orkes yang dikenal di beberapa daerah Indonesia, seperti di pulau Jawa, Bali, Sumatra, dan Kalimantan. Sebagian besar perangkat gamelan terdiri dari alat musik pukul, seperti gong, kenong, dan kempul. Alat musik gesek (rebab) dan suling digunakan untuk menentukan nada dan memperindah lagu. Musik gamelan menggunakan dua jenis tangga nada, pelog dan slendro. fVusik ini biasanya dimainkan untuk mengiringi drama atau tari-tarian tradisional.