Musik Sebagai Media Ekspresi, Hiburan, Upacara, Komersial & Iringan Tari

Berikut Ini Penjelasan Musik Sebagai Media Ekspresi, Hiburan, Upacara, Komersial & Iringan Tari 


1. Musik sebagai Media Ekspresi 

Seni merupakan media yang dapat mengungkapkan ekspresi yang ada di dalam diri seniman. Seniman musik akan mengungkapkan ekspresinya dalam musik. Pcmusik (musikus) menjadikan musik scbagai satu-satunya alat untuk mcncurahkan bcrbagai ekspresi yang dimilikinya. Karya-karya musik hasil curahan ekspresi pemusik tersebut, ada yang berbentuk musik vokal, instrumental, scrta gabungan vokal dan instrumental.

2. Musik sebagai Media Hiburan 

Musik merupakan hasil karya cipta para seniman yang dapat memberikan hiburan kepada masyarakat. Banyak cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk dapat mendengarkan musik. Ada yang mcnonton pergelaran musik di gedung pertunjukan, ada yang menonton pertunjukan di acara hajatan, ada yang mendengarkan musik

3.. Musik sebagai Media Upacara 

Musik ada yang khusus diciptakan untuk kebutuhan upacara yang dilakukan masyarakat. Di daerah Jawa Tengah, terdapat gamelan sekaten yang biasanya dimainkan pada acara Maulid Nabi. Selain itu, di Ranca Kalong, Sumedang (Jawa Barat), ada musik Jentreng yang dimainkan pada setiap upacara panen padi. Dengan demikian, fungsi musik sebagai media upacara diperuntukkan bagi sesuatu yang diupacarakan. 

4. Musik sebagai Media Komersial 

Kegiatan bcrmusik, tidak hanya dapat digunakan untuk mcnyalurkan bakat dan hobi para seniman musik. Musik juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memperoleh pendapatan. Bahkan ada sebagian orang yang mata pencahariannya dalam bidang seni musik, baik yang berprofesi sebagi pencipta lagu maupun pemain musik.
Musik Sebagai Media Ekspresi, Hiburan, Upacara, Komersial & Iringan Tari 

5. Musik Sebagai Iringan Tari 

Jika Anda melihat pertunjukan tari, di dalamnya terdapat unsur musik yang khusus dimainkan untuk mcndukung gerak-gerak tari yang dipertunjukkan.