Tokoh-Tokoh Musik Daerah di Jawa Barat, Bali dan Jawa Tengah

Berikut Ini Tokoh-Tokoh Musik Daerah di Jawa Barat, Bali dan Jawa Tengah


Tokoh-Tokoh Musik Daerah 

Beberapa tokoh musik yang berjasa dalam mengembangkan musik daerah, yaitu sebagai berikut.

Tokoh Musik di Jawa Barat

Di Jawa Barat terdapat tokoh-tokoh musik yang berjasa mengembangkan gramatika musik di tatar Sunda.
Tokoh-tokoh tersebut, antara lain R. Machyar Angga Kusumadinata yang menemukan serta mengembangkan sistcm tangga nada pentatonis dan penulisan simbol-simbol nada (notasi da mi na). Mang Koko Koswara yang mengembangkan gaya-gaya wanda anyar dalam gamelan dan karya-karya kecapi. Daeng Sutisna dan Udjo Ngalagena yang mengembangkan angklung dalam sistem nada diatonis dan pcntatonis. Nano S. sebagai pelanjut karya-karya Mang Koko dalam kreasi baru dan pop Sunda. Juju Sain yang mengembangkan lagu-lagu ageu ngdalam musik degung.

Tokoh Musik di Jawa Tengah

Di Surakarta, Jawa Tengah dikenal seniman musik Ki Martopangrawit, Ki Nartosabdo, R.M.T. Wreksodiningrat, K.R.T Wasitodiningrat, dan Moelyo Widodo. 
Tokoh-Tokoh Musik Daerah di Jawa Barat, Bali dan Jawa Tengah

Tokoh Musik di Bali

Di Bali dikenal seniman musik Gede Manik dan I Lotring sebagai seniman musik tradisi Bali yang masih asli. I Made Senen yang menemukan gaya musik Bali krcasi baru dan Wayan Berata yang melanjutkan gaya kreasi baru yang lebih kompleks. Keunikan karya musik daerah yang satu dcngan daerah yang lain tentu akan berbeda-bcda sesuai dengan jenis alat musik, komposisi musik, cara penyajian musik, dan fungsi musjk tersebut. Berikut diuraikan salah satu jenis musik tradisional Jawa Barat, yaitu musik angklung.