Penilaian Hasil Pertunjukan Teater dari Berbagai Aspek dilakukan Melalui

Tanggapan dan Kritik Sajian Teater 


Hal yang ditanggapi atau diberi penilaian dari pertunjukan bisa menyangkut bermacam aspek. Misalnya dilakukan melalui berikut ini:
  1. Bentuk penyajian dan daerah asalnya, 
  2. Lama pementasan, alur cerita, 
  3. Akting pemeran, 
  4. Busana dan rias, 
  5. Tata panggung, 
  6. Penyutradaraan, 
  7. Pemilihan pemain, dan seterusnya. 
Penilaian satu orang dengan yang lain bisa berbeda-beda sudut pandangnya. Mungkin orang pertama akan menanggapi akar ceritanya, orang yang ke dua rias dan busana yang dikenakan oleh para pemainnya, orang yang ke tiga menyoroti akhir ceritanya saja, orang yang ke empat mengritik seting ceritanya, orang yang kelima menyanjung para pemainnya yang sangat menghayati perannya, dan seterusnya.
Penilaian Hasil Pertunjukan Teater dari Berbagai Aspek dilakukan Melalui
Memberi penilaian yang baik harus bersifat netral. Artinya, berbicara apa adanya dari apa yang dilihat dan tidak membeda-bedakan pihak-pihak yang diberi penilaian. Alangkah baiknya apabila kita tidak sekedar mengritik kekurangan, tetapi juga dapat memberi saran untuk kebaikannya. Sebaliknya, janganlah menyanjung terlalu tinggi padahal kenyataannya jauh dari baik. Penilaian yang dilakukan dapat berupa tepuk tangan, acungan jempol, sampai tulisan yang berupa penjelasan kata-kata atau angka secara sederhana. Penilaian ini seringkali juga disebut kritik.