Perbedaan Unsur Estetis dan Etika dalam musik Tradisi Nusantara

 Unsur-Unsur Estetis dan Etika Musik Tradisi Nusantara 


Pernahkah Anda melihat  memainkan alat musik? Setiap alat musik mbmpunyai teknik tertentu dalam memainkannya. Kebanyakan masyarakat Indonesia lebih mengenal instrumen musik dari Barat, scperti dram, gitar, flute, atau keyboard dibandingkan alat musik tradisi Nusantara. Seni musik tradisi mempunyai ciri khas tersendiri, baik dari segi jenis, fungsi, maupun instrumen musiknya. Hal tersebut menjadikan seni musik tradisi mempunyai keindahan unsur-unsur estetis, jenis, dan fungsi yang khas. Agar Anda dapat memahami jenis dan fungsi serta merasakan keindahan unsur-unsur musikalnya, lakukan hal-hal berikut.
  1. Saksikan sebuah pertunjukan musik tradisional (pertunjukan langsung atau siaran di televisi) hayati dengan saksama keindahan unsur-unsur musikalnya, baik segi irama, nada, melodi, dan liriknya. 
  2. ldentifikasi jenis dan fungsi musik tersebut dalam masyarakat. 
  3. Identifikasi ciri khas alat musik yang digunakan, baik dari segi bahan, bentuk, dan teknik memainkannya. 

Persamaan dan Perbedaan Karya Musik Daerah 

Sejarah perkembangan masyarakat akan berpengaruh pada tata perikehidupan masyarakat. Di dalam kesenian, perkembangan masyarakat mernberi pengaruh pada bentuk dan cara penyajian musik. Perkembangan masyarakat agraris yang bercocok tanam dan memiliki kepercayaan animisme/ dinatnisme menjadi masyarakat sekarang yang konsumtif dan hidup di wilayah perkotaan, berpengaruh terhadap perkembangan jenis-jenis kescnian tradisional. Misalnya angklung, yang semula digunakan sebagai sarana ritual padi kepada Dewi Sri beralih fungsinya menjadi sarana hiburan dan pariwisata. Demikian pula musik-musik tradisi lainnya. Perubahan musik tradisi biasanya menyangkut hal-hal berikut.
  • Spesifikasi alat, yaitu dari bahan yang alami menjadi bahan hasil industri. 
  • Jumlah pemain, yaitu dari sedikit menjadi kelompok. 
  • Komposisi musik, yaitu dari yang sederhana dan alami menjadi bentuk yang kompleks dan dipengaruhi musik-musik yang lain. 
  • Media penycbaran musik, yaitu dari pertunjukan sederhana menjadi pertunjukan besar yang berkembang dalam lingkup internasional.