Sebutkan dan Jelaskan Secara Singkat Ragam Musik Jepang

Sebutkan dan Jelaskan Secara Singkat Ragam Musik Jepang


Ragam Musik Musik Jepang dapat dikelompokkan dalam dua kategori, yaitu: 


1. Musik Tradisional 

Musik tradisional Jepang pada umumnya berbentuk musik festival religius, nyanyian bekerja, dan pengiring tarian. Pertunjukan rakyat, seperti tarian bertopeng, teater rakyat dan tarian rakyat merupakan bagian tak terpisahkan dalam musik tradisional.


2. Musik Modern 

Musik modern Jepang dimulai pada tahun 1867, setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang. Satu guru yang bertanggung jawab untuk mengenalkan gaya musik Eropa adalah Suzuki Shin'Ichi. Beliau menemukan metode pengajaran biola untuk anak-anak yang diadopsi dari sekolah musik di Amerika Serikat.

Tangga nada yang digunakan dalam bermain musik adalah tangga nada pentatonik. Susunan nada-nada yang dipergunakan dapat dituliskan sebagai berikut:

Instrumen Musik 

Instrumen musik yang dipakai dalam musik jepang di antaranya:
  • Lute pengiring (heikebiwa) 
  • Perkusi (shoko, ko tsuzumi, o tsuzumi, dan taiko) 
  • Harmonika mulut (sho) 
  • Flute (ryuteki, nokan, shakuhachi) 
  • Kecapi (shamisen, koto, biwa) 
  • Oboe (hichiriki) 

Perkembangan Musik Jepang 

Perkembangan Musik Jepang pada zaman dahulu sangat terpengaruh perkembangan musik dari daratan Cina dan Semenanjung Korea, tetapi lama kelamaan mempunyai sifat dan ciri tersendiri. Ragam musiknya banyak digunakan di kuil-kuil, untuk memuja dewa, di istana, dan untuk hiburan sosial.

Orkes gagaku (musik Jepang masa lampau) telah ada sejak abad ke-8. Orkes gagaku terdiri dari 17 musisi yang bermain instrumen tiup kayu, petik, dan perkusi. Instrumen tiup meliputi flute (ryuteki), oboe (hichiriki), dan harmonika mulut (sho). Instrumen petik terdiri dari kecapi bengkok (biwa) dan koto. Sedangkan instrumen perkusi terdiri dari gong kecil (shoko) dan drum besar (taiko).
Sebutkan dan Jelaskan Secara Singkat Ragam Musik Jepang
Sekitar abad ke-1 5 musik instrumen tunggal, shamisen dan koto menjadi populer khususnya untuk memberikan iringan lagu dan drama musik. Perkembangan musik drama mencapai keemasannya pacia abad ke-17, dengan format kabuki dari musik teater tradisional Jepang. Adanya restorasi Meiji pada pertengahan abad ke-18 membuat pengaruh Barat mulai masuk dalam perkembangan musik Jepang. Banyak format musik tradisional Jepang dikembangkan berdasarkan format musik barat, sehingga jepang telah memasuki perkembangan musik modern.