Tari Mancanegara dari India Sangat Kaya Akan Tradisi

Tari Mancanegara dari India Sangat Kaya Akan Tradisi


India Seperti Indonesia, India sangat kaya akan tari-tarian tradisi. Kita melihatnya dari film-film India yang banyak beredar di pasaran. Salah tari tradisi India yang terkenal adalah Tari Odissi.

Odissi merupakan perpaduan antara musik dan tarian dari daer2 Orissa yang telah ada lebih dari 2000 tahun yang lalu yang dikembangka-dari tradisi kuno Odra Natya (Tari Odra). Hal int berkaitan dengan devadas! (gadis penari) yang menari untuk menghormati para dewa. Odissi biasa ditarikan di pelataran candi Megheswar, candi Ananta Basudeva, dan candi Jagannath, candi yang paling terkenal di Orissa. Pada mulanya pena- odisst adalah para gadis (devadasis atau maharis), namun, pada sekitar abad XV, para pemuda yang berdandan seperti gadis juga mulai menarika. odissi untuk menghibur para penikmatnya. Pemuda penari ini dikere sebagai gotipua atau sakhipila. Musik odissi memberi penekanan pada lirik yang dibaca tanpa layaknya doa. Lirik ini merupakan puisi-puisi yang sangat terkenal, seper: iayadev, Kavisamrat Upendra Bhanja, Gopalkrushna, dan lain-lain.

Odissi dinyanyikan dalam raga (lagu) dan taala (irama) tertentu. Tac memiliki pembagian ketukan dan saat diam yang berbeda untuk daera-India utara dan selatan. Musik odisst ash, di daerah asalnya Orisa merupakan bentuk Udramagandhi, salah satu dari 5 cabang musik klas India. Namun di daerah lain, juga berkembang odissi dengan musik dar cabang Hindustani dan Karnataki. Musik odissi menggunakan alat musik gamak, tom nom, dan mardal/pakhawaj (sejenis gendang dua sisi).

Tarian odissi merupakan gabungan antara Nrittya (tari intrepertasi) dan Nrutya (tari murni). Tema tarinya berdasarkan kepada mitologi dan nilai religi yang menekankan pada keseimbangan jiwa dan estetika. Tari ini terdiri dari 5 bagian; Mangalacharan, Batu Nrutya, Pallavi, Abhinaya, dan Mokshya. Mangalacharan merupakan tarian doa yang diikuti dengan pembacaan sloka (syair pujian) untuk Dewa Ganapati (jagannath). Batu Nrutya merupakan tari murni yang mengikuti ritme taala dengan gerakan yang diambil dari ukiran gaya Orissa. Pallavi merupakan tarian paling anggun dengan raga yang mampu membangkitkan efek sensasi dan pujian.
Tari Mancanegara dari India Sangat Kaya Akan Tradisi
Abhinaya merupakan bagian ketika penari menyanyikan lagu dalam bahasa Oriya atau Sansekerta tentang kisah cinta Krishna dan Radha. Bagian ini dilakukan dalam tempo lambat dengan gerakan tubuh dan mata yang mampu menghanyutkan penonton. Mokshya merupakan tarian dalam tempo cepat yang membawa penari menuju klimaks akhir.