8 Unsur-Unsur Yang Terdapat dalam Paragrat Yang Baik & Benar

UNSUR-UNSUR PARAGRAF 

Pengertian Paragraf adalah gabungan kalimat yang mengandung satu gagasan pokok atau ide pokok dan didukung oleh gagasan-gagasan penjelas.

8 Unsur-unsur yang terdapat dalam paragrat antara lain sebagai berikut. 

  1. Gagasan: Utama atau lde Pokok Gagasan utama atau ide pokok merupakan unsur penting dalam sebuah paragraf. Unsur Inl merupakan gagasan atau ide yang ingin disampaikan penulis pada masing-masing paragraf. 
  2. Kalimat Utama : Kalimat utama pada sebuah paragraf berisi gagasan utama atau ide pokok. Kalimat utama bisa berada di awal, tengah, atau akhir kalimat. Namun, ada paragraf yang tidak mempunyai kalimat utama karena dalam paragraf tersebut kalimat utamanya tersirat. 
  3. Kalimat Penjelas : Kalimat penjelas merupakan kalimat yang mendukung atau memperjelas kalimat utama pada sebuah paragraf. Kalimat penjelas biasanya menjelaskan lebih rinci tentang suatu hal. Kalimat penjelas harus mempunyai kesatuan. 
  4. Informasi Tersurat dan Tersirat : Informasi tersurat merupakan informasl yang dlnyatakan secara langsung melalui kalimat dalam suatu teks, sedangkan informasi tersirat tidakdituliskan secara langsung dalam kalimat pada sebuah paragraf. Informasi tersirat dapat diperoleh setelah memahaml maksud dari sebuah kalimat. 
  5. Istilah : lstilah merupakan kata atau gabungan kata yang mengungkapkan suatu konsep, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Istilah dapat berupa kata atau gabungan beberapa kata (idiom). 
  6. Inti Kalimat : Inti kalimat merupakan kallmat yang berls1 inti dari suatu kallmat Mlsalnya, kakak saya yang paling sulung sedang mempelajari bahasa Inggris. Inti kalimat tersebut kakak mempelajari bahasa Inggris. 
  7. Makna Rujukan : Makna rujukan adalah makna yang merujuk pada kata lain yang telah disebutkan sebelumnya. Ada tiga jenis makna rujukan, yaitu rujukan personil (io, dla, mereka), rujukan tempat (di sinl, di sana), dan rujukan benda atau hal (ini, itu, tersebut) 
  8. Simpulan : Simpulan merupakan suatu pernyataan yang mengambarkan keseluruhan pembahasan dengan kalimat sendiri.
    8 Unsur-Unsur Yang Terdapat dalam Paragrat Yang Baik & Benar