3 Hal Yang Harus diperhatikan dalam Membuat Kesimpulan & Contohnya

3 Hal Yang Harus diperhatikan dalam Membuat Kesimpulan & Contohnya


Berikut ini 3 hal yang harus diperhatikan di dalam membuat/menyusun suatu kesimpulan adalah sebagai berikut:
  1. Kesimpulan merupakan inti dari suatu uraian atau penyelesaian dari suatu persoalan yang diungkapkan dalam suatu bahasan atau karangan. 
  2. Kesimpulan harusdap•t menjiwai bagian uraian yang panjang secara keseluruhan. Dengan demikian, pembaca tidak perlu membaca atau mengingat kembali inti persoalannya. 
  3. Kesimpulan harus dapat menuntun pembaca dalam memahami ide sentral dari suatu karangan atau bahasa yang kemudian dihubungkan dengan penyelesaiannya tentang suatu solusi. 

Berikut contoh kesimpulan dari dialog tersebut. 

Kebersihan merupakan tanggung jawab bersama. Oleh karena itu. ketua OSIS, ketua kelas, dan seluruh siswa harus menjaga kebersihan sekolah.

Isi Cerpen

Menuliskan Kembali Isi Cerpen Cerpen atau cerita pendek adalah kisah pendek (biasanya kurang dari 10.000 kata) yang memiliki kcsan tunggal yang menonjol dan terpusat pada satu tokoh atau situasi. Cerpen mcmiliki kesan tunggal, artinya sebuah cerpen menyajikan satu cerita dan ide tertentu.

3 Hal Yang Harus diperhatikan dalam Membuat Kesimpulan & Contohnya

Ciri-ciri Utama Cerita Pendek

Ciri-ciri utama cerita pendek adalah singkat, padu, dan intensif. Dalam cerita pendek harus ada tokoh utama atau pelaku utama. Tokoh tersebut ada yang disajikan secara langsung (diceritakan jalan pikirannya oleh pengarang) dan ada yang tidak (dilukiskan melalui dialog, tindakan, dan reaksi tokoh tersebut).