Alat-Alat dan Bahan Yang digunakan dalam Proses Pembuatan Patung Bonggol Kayu

Adapun alat-alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan patung bonggol kayu sampai proses finishing antara lain:

Pahat dan Palu Kayu

Pahat kayu merupakan alat yang digunakan untuk mengurangi bentuk dari sebuah kayu menjadi sebuah benda yang memiliki nilai keindahan. Adapun jenis pahat yang digunakan adalah jenis pahat kol/pengkol, pahat penyilat, penguku dan cukit. Pahat kol digunakan untuk membuat bentuk bulat, pahat penyilat digunakan untuk membuat garis dan pahat penguku digunakan untuk membuat cekungan, sedangkan cukil/coret/chisel digunakan untuk membuat cukitan atau torehan (cukilan) sebagai tambahan hiasan pada patung bonggol kayu misalnya pada pembuatan bulu-bulu harimau atau burung.

Bentuk mata pisau dan ukurannya begitu beragam. Alat ini digunakan untuk membuat kesan bulu dan sayap burung.  Palu untuk keperluan mengukir dipilih dari kayu yang keras dan ulet agar berat dan awet, ukuran yang digunakan masing-masing berbeda tergantung dari selera pemakainya.

Gergaji

Gergaji digunakan untuk memotong kayu, dalam proses pembuatan patung bonggol kayu jenis gergaji yang digunakan adalah gergaji mesin chain saw dan gergaji tangan. Gergaji ini membantu disaat awal pembuatan patung, memotong bagian bonggol kayu yang masih tidak beraturan dan belum sesuai dengan bentuk desain.

Pethel

Pethel merupakan sejenis alat yang wujudnya seperti cangkul tetapi berukuran kecil, alat ini digunakan untuk meratakan permukaan bonggol kayu atau mengurangi bonggol yang tidak digunakan. Alat ini juga digunakan pada saat awal pembentukan patung, karena dapat membantu pengurangan permukaan kayu dengan cepat.