Nilai Estetika Bentuk Seni Patung Manusia dan Kawi Designs Blora

Nilai Estetika Bentuk Seni Patung Manusia dan Kawi Designs Blora


Estetika Bentuk Seni Patung Manusia


Berdasarkan pengamatan peneliti, karya seni patung bonggol kayu ”Kawi Designs” Blora yang berbentuk manusia di antaranya adalah “Cendekiawan Tua 1”, “Sepasang Laki-laki Tua & Wanita Tua”, “Wanita Tua Tertidur”, dan “Cendekiawan Tua 2”

Nilai Estetis Bentuk Seni Patung “ Kawi Designs” Blora


Sebuah karya seni dikatakan memiliki nilai bentuk estetis apabila dalam membuat desainnya memperhatikan unsur-unsur visual dan prinsip-prinsip desain. Sebuah karya yang baik tentunya tidak akan meninggalkan kedua syarat tersebut untuk dijadikan pedoman dalam berkarya seni. Demikian pula dengan seni patung bonggol kayu “Kawi Designs” Blora, tentunya memiliki nilai bentuk estetis yang disetiap karyanya dan berbeda-beda pula bentuk estetisnya. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Bapak Gurnito selaku perajin patung bonggol kayu, bentuk patung di “Kawi Designs” Blora dikelompokkan menjadi dua jenis yakni patung berbentuk manusia dan patung berbentuk binatang.
Untuk mengetahui nilai keindahan yang terkandung pada bentuk produk seni patung bonggol kayu ”Kawi Designs” Blora, perlu dilakukan analisis terhadap produk yang dihasilkan. Berikut ini dipaparkan hasil penelitian terhadap produk seni patung bonggol kayu yang dihasilkan oleh ”Kawi Designs” Blora, dikaji dari aspek bentuk, unsur visual, dan prinsip-prinsip estetis.