Jenis-Jenis Patung Berdasarkan Bahannya Menurut Para Ahli

Jenis-Jenis Patung Berdasarkan Bahannya Menurut Para Ahli


Patung memiliki beberapa jenis jika dilihat dari bahannya seperti patung kayu, patung batu, patung logam, patung fiber, patung lilin dan sebagainya. Menurut Longman (dalam Karthadinata, 2009:15) patung adalah seni yang bentuknya perwujudan manusia, hewan atau benda lain yang berasal dari kayu, batu, tanah liat, logam dan sebagainya. Maka patung dapat dikelompokkan berdasar jenis bahan yang digunakan, misalnya patung yang dibuat dengan menggunakan teknik tertentu yang hanya menggunakan bahan kayu disebut patung kayu.

Corak dalam Seni Patung

Dalam khasanah seni patung Indonesia dapat dijumpai adanya bermacam jenis seni patung seperti; seni patung primitif yang dibuat oleh suku-suku di Papua, Tana Toraja di Sulawesi dan pada suku-suku pedalaman lainnya. Menurut Karthadinata (2009: 31) seni patung tradisional yang bersifat klasik seperti arca- arca Budha maupun Hindu terutama yang berkembang di Jawa dan Bali, secara tradisional masih berlangsung hingga sekarang dan di samping itu adanya variasi seni rakyat di beberapa tempat sehingga hasilnya berupa seni patung yang mempunyai corak tersendiri.
Jenis Patung Berdasarkan Bahannya Menurut Para Ahli
Sedangkan di luar seni patung primitif dan patung tradisional adalah seni patung non tradisional yang dikenal dengan sebutan seni patung moderen. Seni patung moderen tentunya sedikit banyak berbeda dengan konsep dan teknik cipta seni sebelumnya karena munculnya ide-ide baru dalam konsep, media dan teknik sehubungan dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan.