Karakteristik Pematung di Kawi Designs Blora

Karakteristik Pematung di “Kawi Designs” Blora


“Kawi Designs” Blora memiliki pematung sejumlah 8 orang, dengan sistem kerja secara borongan dan harian. Seluruh karyawan semuanya laki-laki dan tidak menggunakan tenaga kerja perempuan. Tingkat pendidikan para karyawan “Kawi Designs” Blora bervariasi, yaitu lulusan tingkat SD, SMP, SMA, dan Strata 1 (S1). Salah seorang karyawan dengan tingkat pendidikan sarjana memegang posisi sebagai staf bidang administrasi dan tenaga pemasaran. Rata- rata keterampilan yang dimiliki para karyawan “Kawi Designs” tidak melalui pendidikan formal, namun diperoleh secara otodidak (autodidact).

Gaji atau Penghasilan Para Karyawan

Penghasilan para karyawan “Kawi Designs” Blora tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini dipertimbangkan dengan tingkat profesionalitas kerjanya. Rata-rata gaji pematung yang paling senior berkisar Rp.100.000.00/hari dan gaji pematung tingkat sedang berkisar Rp.70.000.00/hari. Sedangkan pematung tingkat pemula berkisar Rp.50.000.00/hari. Untuk pekerja serabutan (tukang ampelas dan tukang melamin) berkisar Rp.40.000.00/hari. Kemudian untuk staf administrasi dan pemasaran pemberian gajinya dihitung secara bulanan yaitu berkisar Rp.1.800.000.00/bulan.

Hubungan Karyawan dengan Pemilik Usaha

Berdasarkan pengamatan yang peneliti lakukan, hubungan yang terjalin antara karyawan dengan pemilik “Kawi Designs” Blora sangat baik.
Karakteristik Pematung di Kawi Designs Blora
Selain menjalin hubungan silaturahmi yang baik dan saling membantu di antara karyawan, juga diberikan kebebasan kepada karyawan yang akan mencari pekerjaan yang lebih baik.