Manusia Akan Maju Justru Apabila ia Mampu Bermasyarakat

Memberdayakan Potensi Diri 


Pemberdayaan potensi diri dalam wirausaha pada dasarnya mea nempatkan diri kita pada posisi yang tepat. Manusia akan maju justru apabila ia mampu bermasyarakat, tetapi dalam wirausaha kemajuan maupun perkembangan seseorang harus berkeseimbangan seutuhnya, artinya, kapan ia harus sendiri dan mandiri, kapan ia harus berada di tengah lingkungan tertentu. Karena itu, pemberdayaan potensi dirinya juga harus seutuhnya, yaitu berkeseimbangan. Dan usaha yang diridai Tuhan ialah usaha yang berkesinambungan guna memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani, material dan spiritual, dunia dan akhirat. Adapun dalam berwirausaha terdapat tuntutan keseimbangan antara dirinya sebagai anggota masyarakat.

Menempatkan diri pada posisi yang tepat sebagai implementasi pemberdayaan diri, dimaksudkan untuk memperjelas posisinya se? bagai individu yang memiliki posisinya sebagai anggota masyarakat yang memperoleh wawasan/ pemahaman yang berasal dari penularar wawasan orang lain sesama anggota masyarakat.

Pemberdayaan diri atau dalam bahasa yang lazim sehari-hari dr gebutkan memanfaatkan potensi diri dalam wirausaha, pada ujung' nya bertumpu pada resep yang mampu menghasilkan seperangkat wawasan dengan membaca agar memperoleh banyak wawasan atau pemahaman, sedangkan bergaul untuk mendapatkan sejumlah relasi, mitra usaha, konsumen, ataupun pelangggan yang memang dibutuhkan dalam rangka pemberdayaan potensi diri kita, Kedua resep (membaca dan bergaul) itu syaratnya tidak mengenal fanatisme, dalam pengertian membaca atau mempelajari ilmu bidang apa saja, bergaul pun tidak fanatik pada kalangan tertentu saja, harus mau, dan mampu bergaul dengan siapa saja mengingat konsumen usaha kita juga bukan dari kalangan tertentu, melainkan semua kalangan.
Manusia Akan Maju Justru Apabila ia Mampu Bermasyarakat