Mengapa Manusia Hidup Wajib Berusaha ?

Mengapa Manusia Hidup Wajib Berusaha ?


Harus dipahami dan disadari benar, bahwa usaha adalah sesuatu yang bersifat tidak pasti. Artinya, setiap kita melakukan usaha harus disadari akan menghadapi dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal, karena itu kita harus siap pula mengantisipasinya untuk melakukan tindakan cepat dan tepat, baik kalau berhasil agar tidak menimbulkan kelabilan jiwa, apalagi kalau gagal agar tidak mengakibatkan keputusasaan berusaha.

Apabila kita berhasil dalam suatu usaha, hal yang patut diingat adalah bahwa setiap usaha bertujuan untuk mencari keuntungan, dan dari keuntungan yang diperolehnya justru untuk meningkatkan kelangsungan usahanya, bukan menjadi labil jiwanya dengan menghambur-hamburkan pengeluaran yang tidak dengan tujuan usaha di atas. Kita harus berhemat dengan membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Semua hal itu, merupakan wujud rasa syukur kita kepada Sang Maha Penyayang dan Pemurah yang telah memberikan nikmat keberhasilan usaha kita.

Sebaliknya, apabila usaha kita mengalami kegagalan, ini pelajaran dan pengalaman paling berharga dalam usaha. Karena dengan kegav galan ini, orang akan berhati-hati agar tidak mengulangi kegagalan untuk kedua kalinya. Inilah yang disebut hikmah yang merupakan petunjuk atau hidayah Yang Maha Mengetahui dan patut kita perhatir kan dalam setiap kita melakukan usaha apa pun.
Dari uraian kegagalan usaha beserta hikmah yang kita dapatkan ini, patutlah disadari dan dipahami sedalam-dalamnya, bahwa ini £,emua berarti bahwa manusia yang hidup itu wajib hukumnya untuk tetap berusaha. Apabila kita telah berusaha dalam arti berani mel 1nembus ketidakpastian itu, insya Allah, kepastian keberhasilan akan turun, dan kita terima atas rida-Nya.
Mengapa Manusia Hidup Wajib Berusaha ?
Akhirnya, moto orang Yunani Kuno yang berbunyi Ora Et Labora yang berarti berusaha sambil berdoa ternyata masih sangat relevan dalam melakukan wirausaha kita di masa kini maupun di masa depan, yang tiada lain dengan berdoa agar senantiasa usaha diharapkan akan mendapat rida Yang Maha Pengasih.