Pendidikan dan Pengalaman Mohammed Arkoun

Pendidikan dan Pengalaman Mohammed Arkoun


Setelah tamat sekolah dasar, Arkoun melanjutkan ke sekolah menengah di kota pelabuhan Oran, kota utama Aljazair bagian barat. Sejak  1950  sampai  1954  ia  belajar  bahasa  dan  sastra Arab di universitas Aljir, sambil mengajar di sebuah sekolah menengah atas di al-Harrach, di daerah pinggiran ibu kota Aljazair. Tahun 1954 sampai 1962  ia  menjadi  mahasiswa  di  Paris.  Tahun 1961 Arkoun diangkat menjadi dosen di Universitas Sorbonne Paris. Ia  menggondol  gelar doktor Sastra pada 1969. Sejak 1970 sampai 1972 Arkoun mengajar di Universitas  Lyon.  Kemudian  ia  kembali  sebagai  guru  besar  dalam bidang sejarah pemikiran Islam.

Ia  menjabat direktur ilmiah jurnal studi Islam terkenal, Arabica. Ia  juga  memangku  jabatan  resmi sebagai  anggota  panitia nasional (Perancis) untuk Etika dan Ilmu Pengetahuan Kehidupan dan Kedokteran.  Ia  juga  anggota majelis nasional untuk AIDS, dan anggota  Legium Kehormatan  Perancis. Belakangan, ia menjabat sebagai  direktur Lembaga Kajian  Islam dan Timur Tengah pada Universitas Sorbonne Nouvelle (Paris III).

Arkoun  sering  diundang  dan  menjadi  dosen  tamu  di sejumlah universitas di  luar Perancis, seperti U niversity of California di Los Angeles, Princeton University, Temple  University di Philadelphia, Lembagai Kepausan  untuk studi Arab dan Islam di Roma, dan  Universitas Katolik Louvain-La-Neuve di Belgia. Ia  juga sempat menjadi Guru Besar tamu di Universitas Amsterdam.
Pendidikan dan Pengalaman Mohammed Arkoun