Sebab Sulitnya Menghadapi Ujian ini Bukan Karena Kertas Ujian

Sebab Sulitnya Menghadapi Ujian ini Bukan Karena Kertas Ujian


HANYA ALAT UJI

Salah satu kesalahan besar seorang pembelajar yang gagal dalam sekolahnya adalah mereka yang marah kepada alat uji yang diberikan gurunya.

Padahal ia sadar sepenuhnya bahwa sebab sulitnya menghadapi ujian ini bukan karena kertas ujian itu, namun karena kelemahannya dalam menguasai materi yang diberikan sang guru sebelumnya.

Ia bahkan marah kepada sang guru, karena merasa soal terlalu sulit. Padahal sang guru telah mengukur kesiapan rata-rata muridnya. Akhirnya dia menyerah dan ia pun tidak naik kelas!

Ingatkah masa itu?

Dahulu kita bejalar di kelas. Sekarang kita belajar kehidupan dihamparan luas bernama planet bumi ini.

Jika kita merasa sulit, maka ingatlah sebuah buku yang Allah turunkan untuk semua manusia lengkap dengan mahaguru yang menjelaskan. Lalu disambung lidah para sahabat dan ulama dari masa kemasa.

Jika kita abaikan buku ini, maka dari masa ke masa kesulitan akan menghantam dari semua penjuru!

Kecuali engkau memutuskan untuk mengingkari tujuan hidup manusia seutuhnya lalu menjadi budak hawa nafsu hingga Allah hentikan dibatas waktu yang rahasia.

Hamba-Hamba Allah yang dimuliakan..
Ketika kita telah memahami hal ini, dan terbiasa untuk menyambut ujian dari Allah dengan sukacita.
Maka itulah indikator kedewasaan.

Bukan masalah mampu atau tidak, karena pasti Allah telah mengukur kemampuan hamba-Nya sebagaimana firman-Nya yang kita ketahui.

Masalahnya yakin atau tidak, siap atau tidak dan ridho atau tidak. Ketika kita mampu meredam gejolak dan mengunyahnya sendiri lalu bersegera berpihak kepada-Nya dengan memohon ampun dan kekuatan, maka engkau akan jadi pemenang!

Ingat, jangan salah fokus. Seluruh manusia, harta benda, pekerjaan, urusan, kekuasaan, wanita-wanita, syaitan, keluarga, saudara, kawan-kawan, anak istri bahkan orang tua dan dunia serta isinya ini adalah alat untuk menguji kita.
Hanya alat uji, tak usah diambil hati dan memarahi kertas dan pena. Ia hanya alat uji, bertanyalah kepada guru dan simak nasihat-nasihatnya. Niscaya kita akan dapati jawabannya dalam al Quran dan Sunnah.

Jadi bangkitlah lagi, jangan bosan dengan ujian karena itu adalah tanda dekatnya masa untuk naik kelas. Baarokallahufiikum