Tidak Ada Kacang Yang Lupa Pada Kulitnya

Tidak Ada Kacang Yang Lupa Pada Kulitnya


Sebenarnya tidak ada kacang yang lupa kulitnya; hanya saja ia mau tumbuh. Jika engkau melihatnya dihalaman rumahmu, maka berilah ia setetes embun yang jernih dari kumpulan kabut dihatimu.

Demi Allah, jika ketulusan do'a itu engkau haturkan kepadanya dari sudut yang rahasia. Maka kelak, keberkahan buahnya akan sampai kepadamu. Bahkan mencarimu..

Jika engkau melihatnya tidak hanya satu, artinya engkau telah miliki kebun jariah yang engkau akan dapati ditaman-taman syurga kelak. Baarokallahufiiahlikum wamalikum wahayaatikum.

Semakin tinggi pohon semakin tinggi anginnya, semakin menyesakan pendakiannya. Apalagi jika pohon itu kebetulan paling tinggi diantara pohon lain. Maka, akar harus kuat. Jika tidak, maka tak jarang pohon roboh sebelum berbuah.

Memberikan Makan Kepada Hewan


Kangkung ini harganya hanya Rp. 2000. Namun Dengan uang kecil itu bisa buat kelenci senang dan pada satu kondisi, bisa jadi infaq uang Rp. 20jt pun jika tidak strategis manusia belum tentu bisa mensyukurinya. Subhanallah!

Saya termenung berkali-kali dengan kisah Nabi sholallahu alaiyhi wa sallam dalam sohih bukhari tentang pelacur tua quraish di jaman jahiliyyah yang masuk syurga karena infaq seteguk air sumur untuk anjing liar ditengah gurun.

Dari hadits ini, selain pahala yang pasti untuk memberi makan hewan juga ada pelajaran ikhlas. Dimana puncak segala amal ada padanya.

Wanita itu infaq tanpa ada yang lihat dan ia berikan kepada binatang yang mustahil bisa membalas kebaikannya. Ikhlas. Adalah satu-satunya amalan hati wanita itu, yang dengannya Allah tersenyum.

Lalu Allah yang maha kaya dan maha pengampun anugerahkan kenikmatan syurga yang abadi. Untuknya