Langkah Respon Cepat Saat Anda Menemukan Asbes di Dekat Anda

Tags

Dalam perbaikan darurat asbes, beberapa panduan dapat digunakan untuk menjaga tingkat asbes tetap rendah. Kerusakan badai di tempat kerja, terutama bila melibatkan bahan asbes di tempat kejadian, memerlukan penanganan darurat yang cepat. Apa yang harus dilakukan bila situasi terjadi?

1. Berhenti bekerja

Saat badai menyerang, ingatlah untuk menghentikan semua jenis aktivitas di daerah tersebut karena badai dapat melepaskan beberapa serat asbes ke udara.

2. Batasi akses ke situs

Membuat pembatasan ke daerah yang dicurigai terkontaminasi dapat dilakukan dengan mengunci setiap pintu masuk dan meletakkan tanda peringatan di area vital untuk mencegah pekerja memasuki tempat dan mempertaruhkan diri mereka terhadap eksposur asbes. Jangan lupa mematikan sistem penanganan udara untuk mencegah area paparan yang lebih luas.

3. Beritahu otoritas situs.

Jangan pernah mencoba mengganggu apapun di lokasi yang rusak. Hubungi pihak berwenang, misalnya, manajemen fasilitas atau staf keamanan dan beri tahu situasi ASAP.

4. Biarkan informasi kejadian mengalir

Anggota lain dari tempat kerja perlu diberitahu juga tentang situasinya. Mereka yang bertanggung jawab untuk perawatan, terutama mengenai bahan asbes, harus menjadi prioritas arus informasi. Semakin banyak orang tahu tentang kejadian tersebut, lebih banyak orang akan dapat mencegah orang lain memasuki lokasi yang rusak dan mempertaruhkan nyawa mereka karena terpapar serat asbes.

Meski begitu, pengelola maintenance akan memiliki tanggung jawab untuk melakukan langkah selanjutnya.

5. Menginformasikan konsultan asbes

Langkah ini diperlukan untuk mendapatkan penilaian risiko dan rencana pengelolaan yang benar sesegera mungkin.

6. Kunjungan lapangan

Asbes konsultan kemudian akan datang ke daerah yang terkontaminasi untuk memeriksa bahan yang dicurigai. Pengumpulan sampel juga bisa dilakukan jika perlu. Bila sampel yang diambil memiliki hasil positif, beritahu koordinator pengelolaan bahan asbes dan lanjutkan ke langkah berikutnya (butir 7). Hasil sampel negatif, informasikan koordinator manajemen bahan asbes, dan lanjutkan ke titik 9.

7. Hubungi kontraktor asbes berlisensi untuk proses pembersihan

Koordinator manajemen material asbes mengambil alih kontraktor berlisensi untuk melakukan pembersihan. Proses ini dilakukan bersamaan dengan konsultan asbes.

8. Pemantauan udara

Proses ini dilakukan di area yang terkontaminasi untuk memastikan tingkat debu masih dapat diterima berdasarkan tingkat eksposur. Pemeriksaan fisik juga dilakukan setelah proses pemindahan, untuk memastikan bahwa pemindahan tersebut telah mencapai prosedur standar.

Langkah tersebut ditempuh untuk menjamin keamanan petugas yang tidak terlindungi yang masuk dalam lokasi. Setelah selesai, konsultan asbes mengeluarkan dokumen izin.

9. Evaluasi

Semua staf yang menangani proses dekontaminasi mengatur pertemuan untuk mengevaluasi rencana pengelolaan asbes.

10. Update asbes register

Setiap perubahan pada bahan asbes yang mengandung bahan di daerah tersebut harus dimasukkan ke dalam asbes.

Sebagai bagian dari berbagi pengetahuan tentang peralatan dan prosedur keselamatan yang harus dilakukan, akan sangat bijaksana bahwa tidak hanya seorang profesional dapat memahami langkah-langkah prosedur darurat. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan profesional yang berpengalaman dan berlisensi untuk melakukan pekerjaan itu.