Bagaimana Cara Menulis Proposal Bisnis

Bagaimana Cara Menulis Proposal Bisnis

Menulis proposal bisnis bisa tampak seperti tugas yang menakutkan. Di mana saya memulai? Apa yang harus saya katakan? Bagaimana saya tahu jika saya telah menulis sebuah proposal yang akan dimengerti oleh pelanggan saya? Proposal bisnis adalah aspek yang semakin penting dari bisnis modern dan profesional. Dengan peraturan perusahaan yang semakin ketat yang mengatur hampir semua hal yang dilakukan bisnis, memiliki dokumen yang menyajikan penawaran bisnis unik Anda dan semua yang merangkum terkadang dapat tampak seperti tugas yang tidak mungkin.

Syukurlah, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda ikuti untuk memastikan proposal bisnis Anda memberikan hasil yang tepat. Apakah mereka? waktu untuk melihat lebih dekat metode pengujian dan coba kami tentang bagaimana menulis proposal bisnis yang menang setiap saat!

Aturan Emas 4 - Daftar periksa proposal bisnis 4 kata

Kami dapat meringkas proses penulisan proposal bisnis kami dengan menggunakan 4 kata yang membentuk daftar periksa sederhana untuk proposal bisnis Anda:

* Siapa?

Mengapa?

* Apa?

Bagaimana?

Perhatikan urutan di mana Anda menangani keempat daftar ini. Mereka sengaja diperintahkan seperti itu. Sebelum mengajukan proposal bisnis ke pembuat keputusan yang dimaksud, tolong, pastikan Anda telah bertanya pada diri sendiri apakah Anda telah menjawab 4 pertanyaan sederhana ini. Mari kita lihat ini secara lebih rinci.

Pertanyaan siapa

Cukup sederhana, apakah Anda mengenal pelanggan Anda? Apakah Anda tahu apa yang mereka inginkan? Atau apakah Anda hanya berpikir Anda tahu apa yang harus menjualnya. Ingat, pelanggan Anda memiliki beberapa masalah yang mereka butuhkan untuk solusi. Apakah Anda benar-benar selaras dengan apa itu? Apakah proposal Anda dengan jelas mendefinisikan masalah bisnis atau peluang yang harus dipecahkan oleh proposal Anda?

Pertanyaan Mengapa

Mengapa pelanggan harus mempekerjakan Anda? Apa yang membedakan Anda dari kompetisi? Mengapa kita Ini mungkin pertanyaan yang paling sulit dijawab dalam bisnis apa pun. Kita semua menghadapi persaingan. Seseorang di suatu tempat akan selalu mengklaim berada dalam posisi untuk bersaing dengan Anda dan menawarkan harga yang lebih baik atau produk akhir berkualitas yang lebih baik. Mengapa Anda harus mendapatkan pertunjukan daripada pesaing Anda?

Pertanyaan apa

Jadi sekarang Anda sudah memastikan bahwa Anda benar-benar mengetahui semua tentang calon pelanggan Anda dan Anda bisa membedakan diri dari kompetisi. Awal yang baik Sekarang saatnya untuk memberitahu mereka persis APA yang akan Anda sampaikan untuk mereka. Ketika saya duduk untuk menulis proposal bisnis, ini sering merupakan bagian termudah dari dokumen untuk disatukan. Kita semua tahu bisnis kita sendiri lebih baik dari orang lain. Tapi hati-hati, di sinilah Anda bisa dengan mudah jatuh. Jangan pernah menganggap pelanggan Anda tahu apa-apa tentang bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan. Ini mungkin terdengar bodoh pada pandangan pertama. Tapi pikirkanlah. Seberapa besar pengetahuan industri dalam yang dimiliki pelanggan Anda tentang bisnis Anda dan apa yang Anda lakukan? Seberapa akrab mereka dengan jargon industri tertentu? Apakah mereka benar-benar tahu apa pertanyaan yang Anda begitu fasih menjawab dalam dokumen proposal Anda. Aturan emas yang saya ajukan pada proposal saya adalah "Apakah ibu saya akan tahu apa yang saya bicarakan jika saya membacanya?" Jika ibu saya mendapatkannya, maka pelanggan saya akan melakukannya. Ini mungkin terdengar terlalu disederhanakan, tapi jangan terlalu melebih-lebihkan target audiens Anda. Tentu saja, mungkin ada unsur proposal Anda di mana Anda diminta untuk membahas secara spesifik namun ringkasan Anda harus selalu dibaca secara sederhana dan jelas bagi mereka yang tidak terbiasa dengan industri Anda. Dengan cara ini, Anda akan memastikan pelanggan Anda "mendapatkannya" sejak awal.

Pertanyaan bagaimana

Penting untuk memberi tahu pelanggan Anda BAGAIMANA Anda akan memenuhi janji Anda. Siapa yang akan terlibat dalam mengantarkan produk atau layanan Anda? Apakah pelanggan perlu dilibatkan? Dan jika demikian, apa yang akan diharapkan dari mereka? Bergantung pada bisnis Anda, rencana proyek mungkin sangat penting di sini sehingga pelanggan dapat memahami bagaimana produk / layanan mereka akan dikirimkan kepada mereka.

Membungkus semuanya

Jadi begitulah. Daftar periksa sederhana ini akan berjalan jauh untuk memastikan kesuksesan Anda saat membuat proposal untuk memenangkan bisnis baru. Kami tidak pernah membiarkan proposal keluar dari pintu tanpa memastikan bahwa kami telah mematuhi Aturan Emas 4 kami!