Perbedaan Antara Publisitas dan Periklanan

Percakapan baru-baru ini dengan seorang rekan bisnis tentang mengenali perbedaan antara publisitas gratis dan iklan berbayar membuat saya bertanya-tanya seberapa mudahnya menceritakannya.

Saya telah bekerja secara tertulis, hubungan masyarakat dan pemasaran selama lebih dari 10 tahun, sehingga mengenali materi - terutama dalam bentuk cetak - yang telah dibayar telah menjadi sifat kedua. Namun temanku bilang dia sulit menemukan perbedaannya kadang-kadang.

Berikut adalah panduan untuk ruang media dan waktu yang telah dibayar, dan apa yang bebas dan dihasilkan melalui hubungan masyarakat.

Menurut saya, saya dapat dengan mudah mengatakan bahwa mudah menemukan iklan paling banyak - ia mendapat jeda dalam program TV favorit Anda, antara musik di radio, di sisi halaman web atau kadang muncul dari halaman, dan mengelilingi artikel di surat kabar. dan majalah.

Bila menjadi kabur adalah ketika informasi tersebut termasuk dalam artikel atau iklan (iklan yang dibuat agar terlihat lebih sahih sebagai bagian editorial - ini harus membawa kata "advertorial" dan "iklan" di bagian atas), dalam sebuah berita atau terkini urusan barang atau saat presenter berbicara tentang sebuah produk karena mereka akan mendiskusikan berita tersebut, serupa dengan persidangan John Cash for Comment.

Tugas konsultan PR adalah untuk menghasilkan publisitas bagi klien mereka. Klien mereka tidak membayar waktu atau tempat dan informasi dianggap lebih kredibel oleh publik. Contohnya termasuk artikel, siaran berita atau segmen TV. Liputan media ini diraih melalui banyak jalan seperti media penghubung, media release, artikel marketing, public speaking, studi kasus dan blogging.

Banyak artikel yang Anda baca di koran, majalah atau online dan item yang Anda dengar di berita atau radio hari ini akan dihasilkan melalui hubungan masyarakat. Misalnya setelah kenaikan baru-baru ini pemerintah federal dalam memberi pembeli rumah pertama memberi tuan rumah sebuah organisasi, dari agen real estat ke bank, mengirimkan siaran pers yang mengomentari hibah tersebut dan apa artinya bagi perekonomian. Mereka memposisikan diri sebagai ahli, atau kontak yang bisa digunakan media saat meliput ceritanya.

Entah informasi tersebut masuk ke jurnalis via media release atau mereka mengejarnya melalui kontak, masih ada PR. Perbedaan terbesar antara mendapatkan sesuatu diterbitkan sekali karena media menyukai cerita Anda, dan mendapatkan liputan reguler, berasal dari hubungan yang baik dengan wartawan, produser dan editor. PR baik, baik yang dilakukan oleh Anda atau konsultan yang Anda tangani, menyebabkan Anda menjadi kontak yang dihubungi media saat mereka ingin mengetahui sesuatu tentang topik Anda.

Periklanan adalah tentang menjamin pesan Anda keluar saat Anda inginkan melalui pembayaran. Hal ini dipandang kurang kredibel karena organisasi telah membayar ruang atau waktu. Namun humas adalah tentang mengkomunikasikan pesan Anda ke publik Anda, biasanya melalui media. Perusahaan atau isu yang menerima liputan media dipandang lebih kredibel karena wartawan atau presenter telah mendukung pesan tersebut.