Aspek Pendukung Garapan Berdasarkan Latar Belakang Budaya

Aspek Pendukung Garapan Berdasarkan Latar Belakang Budaya 


Aspek-aspek yang dibutuhkan dalam menyusun karya tari dipengaruhi oleh latar belakang budaya daerah setempat. Aspek tersebut dapat menjadi landasan untuk mengembangkan gerak yang akan kalian rangkai, iringan yang akan dipergunakan, komposisi, dan tata riasnya.

Latar belakang budaya daerah tempat kamu tinggal sangat berlainan dengan budaya daerah lain, namun kamu dapat membuat atau menyusun tarian dengan konsep budaya daerah lain setelah kamu mengetahui ragam gerak tari daerah tersebut yang dapat dipelajari dengan belajar di sanggar tari, menonton tayangannya, atau dengan cara membaca buku tentang budaya daerah tersebut. Unsur keindahan tari seperti wiraga, wirama, wirasa, dan wirupa (dra-matisasi, irama, perasaan, dan realisasi) tetap menjadi landasan dasar sebagai pemikiran untuk menyusun sebuah tarian yang diambil dari latar belakang budaya yang sudah ada.

Memperagakan Karya Tari 

Penjiwaan dalam memperagakan gerak tari sangat berbeda dengan penjiwaan melalui ekspresi muka. Gerakan memiliki kekuatan untuk mem-pertegas ekspresi muka, jadi gerakan kalian harus sesuai dengan tema tari sehingga lebih bermakna.
Aspek Pendukung Garapan Berdasarkan Latar Belakang Budaya
Karya tari yang ditarikan secara berpasang-pasangan atau kelompok lebih sulit penjiwaannya dibandingkan jika menari sendiri, karena dalam menari kelompok dibutuhkan kerja sama untuk saling merespons, mengisi, atau melengkapi gerak dan membuat komposisi-komposisi yang menarik.